Rabu, 05 Juni 2013

Lima Pengembang Tembus Rp 1 Triliun Penjualan Kuartal I

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca Summarecon Agung mengumumkan kinerja 2012 pada RUPST dan LB Rabu siang, hingga saat ini terdapat lima emiten yang membukukan kinerja pendapatan menembus angka Rp 1 triliun per kuartal I 2013. Kelima perusahaan properti tersebut adalah Lippo Karawaci, Bumi Serpong Damai, Ciputra Development, Agung Podomoro Land dan Summarecon Agung.

Summarecon optimis target marketing sales sebesar Rp4,5 triliun pada 2013, atau tumbuh 16% dari tahun sebelumnya dapat tercapai. Sejauh ini, baru meraup sekitar Rp 1 triliun. Sampai Juni kira-kira Rp 2,5 triliun akan terealisasi.

-- Johannes Mardjuki

Bumi Serpong Damai menempati posisi pertama sebagai emiten dengan pendapatan tertinggi yakni Rp 2,08 triliun. Pengembang ini berhasil melipatgandakan pendapatan sebesar 160 persen dari tahun lalu secara periodik (year on year).

Di tempat kedua, terdapat Lippo Karawaci dengan pertumbuhan pendapatan senilai Rp 1,48 triliun. Angka ini meningkat 26 persen ketimbang tahun lalu yang hanya mencapai Rp 1,17 triliun. Positifnya angka pendapatan ini berkat akselerasi pertumbuhan pendapatan divisi rumah sakit, penjualan perumahan, dan peningkatan produktivitas

Ciputra Development berada di tempat ketiga senilai Rp 1,34 triliun. Pendapatan mereka naik 14 persen dibandingkan sebelumnya yang hanya berada pada level Rp 552 miliar. Pendapatan residensial menempati porsi terbesar yakni Rp 1,18 triliun, sedangkan komersial hanya Rp 164 miliar.

Tempat berikutnya Agung Podomoro Land yang mencatat pertumbuhan penjualan dan pendapatan usaha sebesar Rp 1,142 triliun atau 19,9% dari sebelumnya Rp 1,138 triliun. Kontribusi terbesar dihasilkan pusat belanja dengan porsi 60% dan hotel sebanyak 30%.

Summarecon sendiri meraup Rp 1 triliun pendapatan per triwulan I tahun ini. Kontribusi terbesar berasal dari penjualan perumahan baik di Kelapa Gading, Bekasi maupun Serpong. Unit usaha properti investasi Summarecon lainnya juga memperlihatkan kinerja tak kalah bagus. 

Menurut Direktur Utama Summarecon Agung, Johannes Mardjuki, selama 2012, Mal Kelapa Gading menerima kunjungan sebanyak 33 juta orang. Sementara Summarecon Mall Serpong telah dikunjungi oleh 19 juta pengunjung. Di Bekasi, mereka tengah merampungkan Summarecon Mal Bekasi (SMB) Tahap I  yang akan beroperasi akhir bulan ini. SMB memiliki ukuran bangunan seluas 80.000 meter persegi.

"Summarecon optimis target marketing sales sebesar Rp4,5 triliun pada 2013, atau tumbuh 16% dari tahun sebelumnya dapat tercapai. Sejauh ini, baru meraup sekitar Rp 1 triliun. Sampai Juni kira-kira Rp 2,5 triliun akan terealisasi," ungkap Johannes.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/06/05/1748012/Lima.Pengembang.Tembus.Rp.1.Triliun.Penjualan.Kuartal.I

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger