Sabtu, 29 Juni 2013

M Hadir 2017 Mendatang!


KOMPAS.com -
Bukan agen, bukan pula mata-mata. Bukan bos James Bond, bukan pula bagian dari Dinas Intelijen CIA. Ya, M+. Ini merupakan museum masa depan yang akan berdiri di Hong Kong.

Pihak berwenang West Kowloon Cultural District Authority (WKCDA) menunjuk Herzog & de Meuron dan TFP Farrells untuk mendesain museum baru tersebut dan secara khusus didedikasikan untuk "menampung" berbagai bentuk kebudayaan visual.

WKCDA mengalokasikan lahan seluas 14 ha di Pelabuhan Victoria,  untuk pengembangan M+. Sebagai fasilitas "penampung" kebudayaan visual, di dalamnya akan disimpan koleksi-koleksi seni abad ke-20 dan 21, desain, arsitektur, dan gambar bergerak.

Herzoq & de Meuron merancang "ruang radikal" bagi seni instalasi dan seni pertunjukkan.  Dengan kata lain, mereka menciptakan desain yang unik, dan belum pernah ditemukan sebelumnya. Tak hanya itu, museum akan terhubung langsung dengan Airport Express melalui sebuah terowongan bawah tanah. Langkah ini dinilai  "menantang" seniman dan kurator dengan ruang pameran unik yang belum pernah digelar sebelumnya.

Jacques Herzog mengatakan, bagi seni, untuk masuk dalam kehidupan kota seperti Hong Kong, seharusnya memulainya dari bawah, dari pondasinya sendiri. "Kami melakukan hal tersebut dalam proyek M+,  benar-benar muncul dari bawah tanah," ujarnya.

Museum seluas 60.000 meter tersebut akan menjadi pusat berbagai kegiatan, mulai dari fasilitas pendidikan, auditorium, tempat pertemuan, restoran, bar, sky garden, dan beberapa fasilitas lainnya.

Pengunjung akan "menemukan" sebuah area unik di dalam museum tersebut. Di sana, ada semacam bukaan diagonal besar sehingga dapat melihat area di lantai bawah. Selain itu, bagian terbuka di langit-langit juga bisa membuat para pengunjung melihat bangunan-bangunan menjulang di atasnya.

Atap peneduh horizontal pada bangunan ini akan terintegrasi dengan fasad. Begitu juga sistem pencahayaan LED yang dapat diatur langsung oleh kurator hingga menampilkan karya seni canggih, unik, dan istimewa.

Namun, untuk dapat menikmati keunikan dan keseruan yang ditawarkan M+, penduduk Hong Kong harus menunggu. Pasalnya, proyek ini diperkirakan baru dapat selesai pada 2017.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/06/29/1721545/M.Hadir.2017.Mendatang.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger