Selasa, 04 Juni 2013

Memaksimalkan Hawa Segar Membanjiri Rumah Anda

KOMPAS.com - Sirkulasi udara yang baik merupakan kunci untuk mendapatkan rumah yang tak pengap dan panas. Untuk menghadirkan udara senantiasa membanjiri rumah, diperlukan bukaan-bukaan maksimal di sekelilingnya. 

Untuk memaksimalisasikan hawa segar masuk ke rumah, bukaan dapat dibuat dengan berbagai teknik. Pertama, physical cooling atau bukaan untuk mendinginkan para penghuni rumah. Caranya dengan membuat bukaan seperti jendela, dengan ketinggian sesuai tinggi para penghuni rumah. Hal ini agar angin yang masuk akan langsung dapat mendinginkan manusianya.

Kedua, structural cooling, yaitu bukaan yang dibuat untuk mendinginkan bangunan. Caranya dengan memasang kisi-kisi di bagian atas bangunan, dekat dengan plafon. Untuk membuat kisi-kisi yang efektif, ada baiknya dibuat jarak 1 meter di bawah plafon.

Cara ketiga dengan membuat cross ventilation atau ventilasi silang. Dalam membuat vetilasi silang, upayakan besar bukaan tempat angin masuk dan angin keluar dibuat dalam perbandingan 1:2. Ini akan menyerupai semprotan air, yaitu ketika sumber air keluar dikecilkan, maka air yang keluar lebih besar. Begitu juga dengan angin. Ketika bukaan sumber datang angin dibuat kecil, maka begitu masuk ke dalam rumah angin akan langsung terasa kencang di dalam rumah sehingga udara di dalamnya terasa dingin.

Namun, perlu diingat, pada ventilasi silang, jarak efektif antara bukaan tempat angin masuk dan keluar adalah 5-6 meter. Melebihi dari jarak ini, pergerakan udara melalui sistem ventilasi silang tidak akan berjalan maksimal. Oleh karenanya, buatlah ventilasi silang pada jarak terpendek rumah.

(HOTMIAN SIAHAAN)


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/06/05/12132121/Memaksimalkan.Hawa.Segar.Membanjiri.Rumah.Anda

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger