Senin, 29 Juli 2013

Agar Saluran Tak Tersumbat dan Bikin Repot

KOMPAS.com - Walaupun sudah disediakan bak penangkap lemak, masalah penyumbatan kemungkinan tetapi terjadi. Anda harus siap-siap menyambut hari raya nanti, jangan sampai urusan mampet bak cuci membuat repot.

Untuk meminimalkan risiko tersebut, ada beberapa hal perlu Anda perhatikan. Simak berikut ini:

- Gunakan saringan yang berjeruji rapat pada bak cucian dapur (sink). Ini merupakan saringan pertama yang menyortir apa saja yang akan dibuang melalui saluran.

- Jangan lupa, bersihkan saringan ini setiap hari agar sisa makanan yang menempel tidak sempat membusuk dan berbau.

- Pada saat membuat saluran pembuangan, usahakan sesedikit mungkin ada lekukan. Sambungan yang berbelok memperbesar kemungkinan terjadinya endapan dan sumbatan.

- Perhatikan juga kemiringan pipa pembuangan. Kemiringan yang disyaratkan untuk pipa pembuangan air limbah dapur adalah 2 persen.

- Agar mudah dilakukan pengecekan, buat bak penangkap lemak sedekat mungkin dengan rumah. Semakin dekat jarak dengan sink, semakin kecil kemungkinan terjadi penggumpalan, karena minyak dan benda padat lain cepat tersaring.

Limbah cair di rumah tangga yang berasal dari sink dapur dan floor drain kamar mandi disebut dengan greywater. Air limbah ini mencakup 60 persen dari seluruh limbah cair di rumah tangga. Dengan jumlah itu, alangkah baiknya limbah ini dapat dimanfaatkan ulang. Misalnya, dengan menggunakan air cucian sayur dan buah untuk menyiram tanaman. (Fransisca Wungu) 


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/07/30/1307045/Agar.Saluran.Tak.Tersumbat.dan.Bikin.Repot

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger