Minggu, 14 Juli 2013

Harga Jual Gubuk Ini Rp 1,6 Miliar!


KOMPAS.com- Siapa yang ingin tinggal di Dharavi, salah satu wilayah di jantung kota Mumbai yang merupakan terkumuh di Asia? Siapa pun Anda tampaknya akan berpikir seribu kali. Bahkan, bila hunian yang ditawarkan tersebut dikelilingi pencakar langit modern. 

Salah satu "shanty" atau lazim diartikan sebagai bunk house (gubuk) di Dharavi masuk daftar agen properti untuk dijual. Kendati luasnya hanya 41,8 meter persegi, namun harga penawarannya bikin kita ternganga. Betapa tidak, rumah tersebut dipatok seharga 10 juta Rupee atau setara Rp 1,6 miliar!

Magicbricks, sebagai agen properti mengungkapkan bahwa "shanty" tersebut memiliki keistimewaan yakni dilengkapi dengan toilet, hal yang tidak lazim ditemui di "shanty" lainnya di Dharavi.

Dharavi sendiri terletak di jantung kota Mumbai dan dikelilingi oleh pencakar langit modern. Kehadirannya, tentu saja dianggap sebagai aib sekaligus memperburuk kondisi skyline kota ini keseluruhan.

Meski dilengkapi fasilitas yang "tidak umum", namun, patokan harga tersebut dianggap keterlaluan. Harga "shanty" ini menurut catatan Magicbricks telah naik dua kali lipat. Pemiliknya sendiri mengajukan tawaran 2,5 juta Ruppe (Rp 415 juta).

Sebaliknya, dengan harga yang sama, calon pembeli bisa memiliki sebuah apartemen studio di Dubai, Uni Emirat Arab atau unit apartemen satu kamar tidur di kawasan murah Discovery Gardens, Dubai Silicon Oasis atau Dubailand.

Sementara Dharavi? Selain kawasan kumuh terbesar, juga dikenal sebagai sentra proses daur ulang, bercokolnya pabrik garmen, manufaktur kulit dan industri pengolah makanan.

Pada tahun 2007, Limitless, anak perusahaan Dubai World, pernah berencana melakukan redevelopment Dharavi. Namun, hingga kini rencana tersebut tak kunjung terealisasi.

Menjadi menarik, mengapa harga satu "shanty" begitu tinggi? 


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/07/15/1302071/Harga.Jual.Gubuk.Ini.Rp.1.6.Miliar.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger