Jumat, 12 Juli 2013

Jelang Hari Raya, Hindari Pusat Belanja!


KOMPAS.com -
Jauh sebelum Hari Raya Idul Fitri, perusahaan ritel dan pusat belanja sudah pasang kuda-kuda menyambut keluarga-keluarga yang membutuhkan pasokan bahan makanan, perabotan dan perlengkapan lainnya.

Sebagai konsumen cerdas, Anda harus sama siapnya dengan perusahaan-perusahaan ritel tersebut. Persiapkan beberapa hal berikut ini sejak dini. Hingga nanti, tepat di Hari Raya, Anda Anda siap menyambut tamu dengan suka cita.


Persiapan pertama adalah membuat daftar. Mulai dari daftar keperluan bahan makanan, hingga perabot yang perlu diganti atau ditambah. Buatlah daftar serinci mungkin, berisi produk, harga, serta rencana waktu pembelian yang tepat. Pastikan daftar tersebut sesuai dengan kemampuan finansial. Hindari menghabiskan seluruh Tunjangan Hari Raya (THR), dan cobalah untuk menepati daftar tersebut.

Persiapan kedua juga bisa Anda lakukan mulai sekarang, yaitu membuat rumah lebih nyaman dan lebih bersih. Mulailah mencicil dengan cara membersihkan bagian demi bagian rumah. Anda bisa memulai dari ruang tamu dan ruang keluarga, atau dapur terlebih dahulu. Utamakan ruang-ruang yang akan diakses oleh tamu. Ganti sofa yang sudah tidak layak pakai, atau ganti pelapisnya. Pelitur perabot kayu, rawat dengan pemoles instan.

Untuk barang-barang kecil seperti sendok-garpu, piring, dan gelas juga bisa mulai Anda beli saat ini. Jangan lupa, menambah barang berarti membutuhkan tempat penyimpanan lebih. Jangan sampai melupakan tempat penyimpanan barang-barang tersebut.


Selain sofa, furnitur, dan alat-alat makan, pastikan juga Anda menyediakan alat memasak yang cukup. Inilah persiapan ketiga. Jika Anda akan menyambut tamu di rumah dengan masakan, tentu Anda menginginkan tampilan masakan yang cantik dan menyenangkan.

Persiapan keempat, mulailah menyetok kue kering, sirup, dan bahan-bahan yang tidak akan basi sampai Hari Raya. Menyetok jauh-jauh hari dapat menghindarkan Anda dari padatnya pusat perbelanjaan mendekati Hari-H.

Persiapkan kantung sampah, lap, dan perlengkapan kebersihan lainnya. Jangan lupa mengosongkan tempat sampah pada hari H. Tetaplah menjaga kebersihan selama acara karena akan sangat berpengaruh pada kenyamanan tamu-tamu.

Sediakan ambience atau suasanya yang mendukung. Pasang musik dalam volume wajar yang tidak menyulitkan Anda sekeluarga saling berbincang, sediakan bantal-bantal pada sofa dan kursi, sediakan mainan bagi anak-anak kecil, dan tentunya hidangkan masakan dalam keadaan hangat dan harum.

Terakhir, bukalah pintu Anda ketika menerima tamu. Hal ini mampu mengurangi rasa sesak akibat banyaknya orang di dalam rumah.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/07/12/1523394/Jelang.Hari.Raya.Hindari.Pusat.Belanja.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger