Rabu, 10 Juli 2013

Jumlah Orang Sekaya "Gatsby", Melonjak Tajam!


KOMPAS.com- Amerika Serikat mulai pulih. Kekayaan bersih rumah tangganya terus bertambah pasca resesi ekonomi akibat krisis keuangan global. Hal ini dipicu oleh pertumbuhan pasar properti dan pasar saham.

Businessweek mengambil ikon Jay Gatsby sebagai miliarder misterius untuk menggambarkan kekayaan rumah tangga AS ini. 

Menurut data yang dilansir bank sentral Amerika, The Federal Reserve, jumlah kekayaan rumah tangga negeri Paman Sam ini melonjak hingga 70 triliun dollar AS dari sebelumnya hanya 3 triliun dollar AS. Lonjakan tersebut, dipicu oleh menguatnya pasar properti sektor perumahan dan pasar saham.

Kekayaan ini, lanjut The Fed, merupakan rekor baru. Sebelumnya, jumlah aset hanya sebesar 67 triliun dollar AS pada 2007. Kemudian jatuh 12 triliun dollar AS pada 2008. Sejak itu, hingga akhir 2012 terus merangkak menjadi 70,3 triliun dollar AS per Maret 2013.

Sedikit rumit memang batasan rumah tangga menurut The Fed. Hal ini mencakup domestic hedge fund, dana ekuitas swasta, dan kekayaan pribadi.

Kekayaan bersih dapat tumbuh baik karena aset meningkat, sebaliknya kewajiban (utang) justru menurun. Dalam kasus ini, utang rumah tangga jatuh karena konsumen lebih berhati-hati. Sehingga neraca rumah tangga berjalan sesuai ekspektasi. Kalau pun ada pertumbuhan utang pada beberapa rumah tangga mungkin akan dinilai sebagai "tanda positif bagi perekonomian". 

Satu pertanda baik adalah bahwa orang Amerika memiliki keuntungan lebih besar di rumah-rumah yang mereka beli. Kepemilikan ekuitas sebagai selisih dari nilai riil properti mencapai 49,2 persen pada kuartal pertama, naik dari hanya 39,5 persen pada tahun 2009.

Sementara posisi keuangan rumah tangga meningkat, tidak demikian halnya dengan pemerintah federal yang justru terperosok dalam utang. The Treasury memiliki utang sebesar 1,2 triliun dollar AS, di mana The Fed dan investor asing merupakan pembeli utamanya.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/07/10/1643598/Jumlah.Orang.Sekaya.Gatsby.Melonjak.Tajam.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger