Rabu, 03 Juli 2013

Menyelamatkan Situs Bersejarah, Contohlah Amerika!


DETROIT, KOMPAS.com- Laiknya sebuah negara maju, Amerika Serikat sangat menghargai situs-situs bersejarah. Termasuk situs bangunan ritel komersial, Hudson, di Detroit, Michigan. Sebuah inisiasi yang dilakukan Rock Ventures, patut menjadi teladan bagi pemerintahan atau siapa pun yang menginginkan kotanya memiliki sesuatu yang dibanggakan. Mereka menggelar sebuah kompetisi bertajuk "Redesigning Detroit".

Pekan lalu

, Rock Ventures mengumumkan pemenang kontes yang salah satunya mengharuskan peserta merancang ulangtoko serba ada (department store) Hudson. Situs yang sebelumnya telah dirubuhkan itu dinamakan MiniCity Detroit. Davide Marchetti dan Erin Pellegrino, duo arsitek asal Roma, Italia, memenangkan kontes "Redesigning Detroit" ini dan berhak mendapat hadiah 15.000 dollar AS atau setara Rp 148,5 juta.

Dalam peta sektor ritel Amerika Serikat, Hudson merupakan terbesar kedua yang berdiri sejak 1911. Gerai aneka kebutuhan rumah tangga itu kemudian ditutup pada tahun 1983 dan dihancurkan lima belas tahun kemudian atau tepatnya 1998.

Direktur Cranbook Academy of Art dan penasihat kompetisi Redisgning Detroit, Reed Kroloff, mengatakan, situs Hudson merupakan mikrokosmos abad ke-20 yang paling menarik perhatian, karena terkonsentrasi dalam satu wilayah pengembangan.

"Sewaktu gedung itu dibangun Detroit masih berupa tanah merah. Kehadiran Hudson merupakan sebuah "inovasi" dan mempengaruhi banyak hak," ujar Reed.

Situs Hudson termasuk ke dalam pengembangan Woodward Avenue yang menggabungkan kondisi perkotaan eksisting bersejarah dan konsep aktual. "Tiga susun bata merah" yang membentuk bangunan tinggi (high rise) dalam rancangan baru Marchetti dan Pellegrino dipastikan menambah indah cakrawala kota Detroit.

Kompetisi "Redesigning Detroit" menerima 200 karya dari 22 negara bagian dan 22 negara asing. Karya mereka sangat variatif, mulai dari bangunan satu lantai hingga gedung pencakar langit, termasuk desain yang mengingatkan pada toko asli Hudson, rancangan hemat energi yang dilengkapi tempat konser dan banyak lagi.

Digelarnya lomba ini dimaksudkan sebagai proyek percontohan terhadap situs-situs bersejarah serupa yang masih terdapat di beberapa sudut kota. Pendiri Rock Ventures Ketua dan Quicken Loans, Dan Gilbert, sebelumnya mengusulkan rencana senilai jutaan dollar AS ini untuk menghidupkan kembali koridor Woodward Avenue sekaligus merancang ulang Hudson.

"The Hudson Department Store pernah menjadi sentra komunitas utama dan paling bernilai di  pusat kota Detroit, dan desain karya duet Roma itu sangat menarik. Mereka memberikan peluang kepada kita menjadikan Detroit kembali menjadi kebanggaan Amerika dan dilirik dunia," kata Gilbert. 


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/07/03/1628293/Menyelamatkan.Situs.Bersejarah.Contohlah.Amerika.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger