Jumat, 12 Juli 2013

Swiss Juga Bakal Punya Rusun....




KOMPAS.com -
Hasil desain pemenang kompetisi arsitektur tidak harus selalu tampak menakjubkan, futuristik, dan menonjolkan kemustahilan. Atau sebaliknya, tidak juga kaku, sempit, sesak seperti kandang burung pada rusun-rusun yang terdapat di Jakarta.

Studio desain asal Belanda MVRDV baru saja memenangkan kompetisi untuk mendesain 95 rusun di Emmen, Swiss. Secara kasat mata, keunikan yang ditawarkan MVRDV hanya fasad eksterior gedung penuh warna.

Kompetisi hunian Feldbreite sebenarnya bertujuan menciptakan desain blok hunian baru. Namun, MVRDV justuru mengajukan proposal berupa rentetan rumah-rumah dan gedung apartemen yang ditata dalam satu kawasan terpadu, dengan lapangan dan taman bersama.

Blok apartemen ditempatkan di sudut area. Sementara itu, townhouse berjejer di pinggir area. Di antara townhouse terdapat beberapa hunian lebih kecil di tengah-tengahnya. Sang arsitek berharap, pengaturan ini mampu membuat sebuah komunitas ideal. Pasalnya, di dalam komunitas baru tersebut terkumpul berbagai lapisan masyarakat. Masyarakat dapat memilih hunian sesuai dengan kemampuan finansial serta selera mereka. Hunian tanpa finishing berlebih akan tersedia dengan harga lebih terjangkau dan pemilik mampu mendesain interiornya sendiri.

Sejumlah 95 hunian ditampung dalam 16 tipe unit berbeda. Masing-masing berukuran 30 hingga 130 meter persegi. Gedung-gedung tidak  memiliki ukuran tinggi yang sama. Ada yang hanya satu lantai, namun ada juga gedung empat lantai. Warna eksterior masing-masing gedung juga berbeda. Ini merupakan cara untuk membantu penghuni menemukan rumah mereka.

Untuk membuat desain ini, MVRDV "menggandeng" arsitek lanskap Fontana guna merancang  ruang eksteriornya. Pohon-pohon buah ditanam di sekitar taman. Selain hunian dan taman bersama, area ini juga akan memiliki ruang parkir.

Konstruksi hasil desain MVRDV ini rencananya dimulai 2015 mendatang. Proyek tersebut meliputi lebih dari 9.000 meter persegi hunian, 2.034 meter persegi ruang pelayanan (service area), dan 2.925 meter persegi ruang parkir bawah tanah.

Kemenangan MVRDV ini juga dibagi untuk perusahaan pengembang Senn BPM AG, Arsitek Lanskap Fontana, dan konsultan real estat W├╝est & Partner. MVRDV dipimpin oleh arsitek Winy Maas, Jacob van Rijs dan Nathalie de Vries. Baru-baru ini publik mengenal hasil karya "Gangnam Style" mereka di Korea Selatan.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/07/13/1018572/Swiss.Juga.Bakal.Punya.Rusun.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger