Jumat, 09 Agustus 2013

Amsterdam, Kota Paling Ramah Pesepeda 2013

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Demam bersepeda ke kantor (bike to work) di Jakarta dan beberapa kota lainnya, baru terjadi kurang dari satu dekade terakhir. Sementara di kota-kota dunia lainnya, bersepeda ke kantor sudah menjadi gaya hidup.

Kegiatan bersepeda, selain menyehatkan jasmani pengayuhnya, ternyata dapat mengubah bagaimana sebuah kota dibangun dengan benar. Kota-kota di Eropa seperti Amsterdam, Copenhagen, Utrecht, Seville, Bordeaux, terus "merevolusi" dirinya menjadi kota yang ramah pesepeda. Hingga kemudian diganjar penghargaan sebagai lima kota terbaik paling akomodatif terhadap pengayuh sepeda dari Copenhagenize Index 2013.

Copenhagenize merupakan perusahaan konsultasi dan komunikasi yang mengkhususkan diri dalam segala hal yang berhubungan dengan bersepeda. Perusahaan memberikan penghargaan Copenhagenize Index berupa pemeringkatan terhadap kota-kota ramah sepeda di dunia.

Amsterdam meraih penghargaan dengan skor tertinggi yakni 83. Kota ini juga mendapatkan penghargaan serupa pada 2011 lalu dengan menduduki posisi tertinggi. Amsterdam unggul hampir di semua kategori. Kategori itu termasuk advokasi, budaya sepeda, fasilitas bersepeda, infrastruktur, program berbagi sepeda, gender split, berbagi modal, meningkatkan pangsa modal sejak tahun 2006, persepsi keamanan, politik, penerimaan sosial, perencanaan kota, dan lalu lintas yang menenangkan.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/08/10/1316455/Amsterdam.Kota.Paling.Ramah.Pesepeda.2013

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger