Minggu, 04 Agustus 2013

Bangkrut... Harga Rumah di Detroit Cuma Rp 10.000!

KOMPAS.com - Di beberapa kota lain, harga rumah masih punya daya tawar tinggi, tetapi tidak di Detroit. Pada saat pasar realestat kembali pulih dari gelembung properti yang terjadi pada 2007, harga rumah di Detroit justeru malah stagnan. Banyak properti di kota itu dipasarkan dengan harga 1000 dolar AS, atau bahkan ditawarkan di bawah harga itu.

Kini, seperti dilaporkan ABC News, ratusan rumah di Detroit baru-baru ini minta dihargai senilai 5000 dolar AS di pasar properti Zillow. Hal itu terjadi, setidaknya, setelah salah seorang di antara penjual properti merasa tertekan jika harus menawarkan harga rumahnya hanya seharga 1 dolar AS.

Seperti diberitakan, Detroit menjadi kota terbesar di AS yang mengajukan kebangkrutan dengan utang sedikitnya 15 miliar dollar atau sekitar Rp 151 triliun. Manajer darurat yang ditunjuk negara bagian, Kevyn Orr, meminta hakim federal memasukkan kota ini dalam proteksi kebangkrutan. Jika disetujui, dia akan diizinkan untuk melikuidasi aset kota untuk membayar kreditor dan pensiunan.

Pada Juli lalu, Detroit telah menghentikan pembayaran utang tak aman untuk menjaga agar kota bisa tetap berjalan di saat Orr bernegosiasi dengan kreditor. Orr mengajukan usulan kesepakatan pada bulan lalu di mana kreditor bisa menerima 10 sen atas setiap dollar yang terutang. Tetapi, dua yayasan pensiun yang mewakili para pensiunan pekerja kota menolak rencana tersebut.

Pengajuan kebangkrutan pada Kamis (18/7/2013) silam itu mengemuka beberapa hari menjelang persidangan yang berupaya untuk menghentikan upaya kota untuk membuat kebijakan semacam itu.

Orr menyebutkan bahwa ada peluang 50-50 bagi kota untuk mengajukan kebangkrutan. Dia juga mengatakan utang jangka panjang kota berkisar antara 17 miliar dolar AS dan 20 miliar dolar AS.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/08/05/1216394/Bangkrut.Harga.Rumah.di.Detroit.Cuma.Rp.10.000.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger