Minggu, 18 Agustus 2013

Bisnis Properti Sulap Wang Jianlin Jadi Orang Terkaya China

KOMPAS.com - Pengembang sejumlah proyek properti komersial, Wang Jianlin, kini jadi orang terkaya China. Selain properti, bisnisnya berbiak melebihi perhitungan sebelumnya, mulai dari ritel, bioskop, perhotelan, dan karaoke.

Wang yang mengendalikan konglomerasi Dalian Wanda Group, memiliki kekayaan bersih senilai 14,2 miliar dollar AS (Rp 147,1 triliun). Jumlah harta pengusaha berusia 58 tahun ini lebih banyak 3,2 miliar dollar (Rp 33,1 triliun) ketimbang Zong Qinghou. Zong sendiri merupakan orang terkaya kedua negara ini, sekaligus pendiri Hangzhou Wahana Group.

Mari kita kupas, mengapa Wang bisa menjadi orang paling tajir di Negara Tirai Bambu tersebut. Wang, bersama imperiumnya telah mengembangkan properti seluas 148 juta kaki persegi, termasuk 72 pusat perbelanjaan berbagai kelas, 40 hotel bintang lima dan sejumlah apartemen di seluruh kota utama China. Tak cukup sampai di sini, ia juga akan meningkatkan portofolionya  sebesar 68 persen pada 2014 mendatang.

Tentakel gurita bisnis Wang, menurut Bloomberg Billionaire Index, tak hanya tertancap kuat di dalam negeri. Ia juga melakukan ekspansi ke sejumlah negara, terutama Eropa. Dia sukses mengakuisisi Sunseeker International Ltd, pembuat yacht di Inggris yang digunakan dalam film James Bond, Juni lalu dengan nilai transaksi 1,6 miliar (Rp 16,5 triliun).

Akuisisi hanyalah satu langkah dari impian besarnya menguasai dunia. Buktinya, Wang mengalokasikan dana lebih dari 1 miliar dollar AS (Rp 10,3 triliun) untuk membangun kompleks apartemen mewah di sepanjang tepi sungai Thames, London.

Aksi Wang ini menjadikan Wanda memimpin perusahaan-perusahaan China dalam memperluas bisnis global dan untuk memenuhi permintaan konsumen hunian melalui beberapa akuisisi berprofil tinggi.

"Upaya Wang melakukan diversifikasi properti selain di China rupanya mendatangkan keuntungan," kata Kenny Wu, analis Ji-Asia Research Ltd yang berbasis di Hong Kong.

Dalam catatan Bloomberg Billionaire Index, kepemilikan Dalian Wanda Group sepenuhnya (100 persen) berada di tangan k


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/08/19/1315119/Bisnis.Properti.Sulap.Wang.Jianlin.Jadi.Orang.Terkaya.China

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger