Kamis, 15 Agustus 2013

Di Tangan Ibu-ibu, Tampilan Jembatan Ini Lebih Menarik!

KOMPAS.com - Apa jadinya jika ibu-ibu bersatu dan ikut campur tangan dalam instalasi seni berskala besar? Ratusan rajutan yang dibuat oleh lebih dari 1.800 relawan menghias sebuah jembatan berukuran besar di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Ada 600 hasil rajutan menutupi jembatan bernama Andy Warhol Bridge di utara Sungai Allegheny. Berkat proyek bernama "Knit the Bridge" tersebut, menara-menara yang ada di jembatan sepanjang 323 meter ini tampak hangat dan ceria menantang langit Pittsburg. Tidak hanya menara-menara besar jembatan ini, pagar di sisi jembatan juga dihias dengan menggunakan rajutan.

Proyek instalasi ini merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap seni. Oleh karena itu, galib adanya bahwa Andy Warhol Bridge dipilih sebagai lokasi instalasi. Fasilitas publik tersebut merupakan satu-satunya di Amerika Serikat yang menyandang nama seniman sebagai namanya. Tentu, selaras dengan tujuan proyek tersebut "merayakan" kesenian.

Laman www.knitthebridge.wordpress.com mencatat, proyek yang mulai ditampilkan pada Minggu (11/8/2013) tersebut akan terus terpasang hingga 7 September 2013 mendatang. Uniknya, pada relawan tidak hanya sekedar memasang rajutan, meninggalkannya, kemudian mengecek lagi di kemudian hari. Mereka melakukan pengecekan berkala setiap hari! Para relawan akan mengecek keadaan rajutan yang menempel pada Jembatan Andy Warhol. Bahkan, siapa pun yang melewati jembatan ini bisa turut berkontribusi menjaga dan memonitor keadaan rajutan. Mereka menyediakan nomor telepon yang bisa dihubungi sewaktu-waktu jika terjadi kerusakan.

Apa yang dilakukan ibu-ibu di AS tersebut bisa ditiru juga di Indonesia. Negara ini punya beberapa jembatan legendaris yang menghubungkan antarkawasan dan merupakan media peradaban. Di antaranya adalah Jembatan Ampera di Palembang dan Jembatan Suramadu di Jawa Timur.

Bila kedua jembatan tersebut dihias seperti halnya Andy Warhol Bridge, bukan tidak mungkin, bisa menjadi "atraksi" wisata menarik dan membuat jembatan-jembatan tersebut jauh lebih "hidup".


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/08/15/1559300/Di.Tangan.Ibu.ibu.Tampilan.Jembatan.Ini.Lebih.Menarik.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger