Selasa, 13 Agustus 2013

Ingin Suasana Baru? Ganti Tata Ruang Tamu

KOMPAS.com - Ketika mengatur ruang tamu di rumah, Anda tidak hanya bekerja untuk diri sendiri. Meski dapat menampilkan selera dan kepribadian, tamu dan keluarga juga akan berbagi ruangan tersebut bersama Anda.

Mulai sekarang, ubah penataan ruang tamu, agar tercipta nuansa baru. Anda suka, tamu pun berselera. Berikut beberapa gaya penataan yang bisa ditiru.

Simetris

Mata manusia selalu mencoba mencari keteraturan. Ketika masuk ke dalam semua ruangan dengan pengaturan simetris, Anda cenderung menganggapnya rapi dan menyenangkan. Cobalah menggunakan nuansa monokromatik dan membagi ruang tamu menjadi dua. Pastikan penataan di satu sisi sama dengan penataan di sisi lainnya. Gaya simetris juga memberikan kesan formal pada ruang tamu.

Minimalis

Bagi Anda yang menyukai kesederhanaan, gaya minimalis mungkin cocok. Gaya ini juga "nyaman" di mata semua orang. Tidak terlalu banyak detil yang memusingkan dalam ruangan bergaya minimalis. Cobalah memilih furnitur dengan warna-warna pucat. Hindari menggunakan sofa yang terkesan tebal. Jangan lupa, cobalah hanya "memajang" furnitur dan barang-barang yang Anda butuhkan di ruangan tersebut.

Seimbang

Ada perbedaan antara penataan simetris dan seimbang. Penataan simetris pasti seimbang, namun penataan seimbang belum tentu simetris. Untuk pengaturan ini, lebih bebas. Anda bisa menggunakan meja kopi berbentuk melingkar dan menempatkan sofa-sofa tunggal mengitari sekelilingnya.

Padu padankan penataan

Selain menyeimbangkan ruang tamu dengan pengaturan melingkar, coba juga memadupadankan beberapa jenis furnitur. Selain seimbang, pengaturan seperti ini juga terkesan modern, "hidup", dan nyaman.

Tidak serius

Untuk rumah berkonsep terbuka (open space), Anda bisa memadukan ruang tamu dengan ruang bermain, perpustakaan, atau bahkan ruang makan. Pastikan nuansa di ruang tamu tidak terlalu kaku dan serius. Bila perlu, ajak tamu Anda ikut bermain video game, biliar, atau menyantap makan siang bersama Anda. Anda juga bisa memberikan warna-warni cerah, serta perabot berbentuk unik dan terkesan "nyeni" dalam penataan ini.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/08/14/1025082/Ingin.Suasana.Baru.Ganti.Tata.Ruang.Tamu

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger