Jumat, 30 Agustus 2013

Ini Dia Rumah Mewah Para Punggawa IT

KOMPAS.com - Kehidupan pribadi berikut jumlah kekayaan para cerdik pandai di bidang teknologi informasi (information technology/IT), seperti Bill Gates, Larry Ellison, Paul Allen, dan lain-lain, selalu menarik minat untuk ditelusuri. Termasuk, aset properti mereka.

Larry Allen yang merupakan pendiri sekaligus CEO Oracle memiliki rumah senilai 300 juta dollar AS atau setara Rp 3,2 triliun. Aset hunian ini merupakan yang termahal di jagat raya, versi BusinessInsider. Sementara kediaman CEO Microsoft, Bill Gates, ditaksir seharga 121 juta dollar AS (Rp 1,3 triliun).

Bagaimana rupa rumah termewah dan termahal di dunia tersebut? Kita akan menjelajahnya melalui deskripsi dan gambar lima rumah mewah miliarder sektor IT.

Rumah Larry Ellison di Lanai, Hawaii

Juru taksir memprediksi kediaman Larry Ellison senilai 300 juta dollar AS atau setara Rp 3,2 triliun. Pendiri dan CEO Oracle tersebut menguasai 98 persen dari total luas Pulau Lanai pada Juni lalu. Pulau ini merupakan yang terkecil di antara gugusan kepulauan Hawaii.

Harga pasar yang dipatok untuk pulau ini hanya berkisar antara 500 juta dollar AS (Rp 5,4 triliun) dan 600 juta dollar AS (Rp 6,5 triliun). Namun, Ellison hanya membayar separuhnya, yakni 300 juta dollar AS (Rp 3,2 triliun) untuk pulau seluas 36,5 hektar ini.

Ellison akan membangun properti, meliputi hotel ultra mewah tepi pantai yang akan menghadap pulau Molokai dan Maui. Selain itu, ia juga akan mengembangkan sebuah laboratorium IT yang mendukung pembangunan berkonsep hijau yang keberlanjutan.

Tak hanya di Lanai, miliarder ini juga memiliki properti seharga jutaan dollar AS di seluruh dunia, termasuk San Fransisco, Malibu dan Kyoto.

Ruah Bill Gates Xanadu 2.0

Chairman dan Co-founder Microsoft, Bill Gates, dikenal sebagai mogul teknologi paling beken di dunia. Ia memiliki rumah yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir dan canggih. Kediaman Gates, dinamai Xanadu 2.0, dan berada di Medina, Washington.

Luas Xanadu 2.0 ini mencapai 66.000 kaki persegi dengan fitur-fitur futuristik. Di dalamnya terdapat sistem suara bawah air, fasilitas kebugaran seluas 2.500 kaki persegi, perpustakaan dan ruang membaca, teater dengan langgam art deco dan lain sebagainya.

Istimewanya, jika ingin bertamu ke rumah ini, tamu akan diberikan pin yang kemudian dipindai secara komputerisasi oleh sebuah peralatan canggih yang dipasang di pintu rumah. Selain itu, di dalamnya terdapat peralatan teknologi yang memungkinkan tamu mengendalikan secara otomatis suhu ruangan, musik dan pencahayaan sesuai selera.

Pembangunan rumah cerdas ini membutuhkan waktu selama 7 tahun dengan ongkos konstruksi sebesar 63 juta dollar AS (Rp 688,5 miliar). Menurut juru taksir The King County yang didasarkan pada tahun pajak 2012, properti milik Gates ini senilai 121 juta dollar AS (Rp 1,3 triliun).

Rumah Paul Allen di Pulau Mercer

Co-founder Microsoft dan Chairman Vulcan ini memiliki banyak aset properti. Dua di antaranya berlokasi di Malibu, New York dan St Jean Cap-Ferrat, Perancis. Tapi, mungkin yang paling mengesankan dari sekian propertinya adalah yang berlokasi di Pulau Mercer, Washington, dekat dengan kampung halamannya.

Allen memiliki tidak hanya satu, melainkan sembilan rumah yang terangkum dalam tujuh klaster di Pulau Mercer ini. Ia sendiri hanya mengisi salah satu di antaranya. Sementara rumah-rumah lainnya didiami anggota keluarga dan para tamu. Rumah-rumah tersebut memiliki fitur yang fantastis termasuk helipad mengapung, lapangan basket sesuai ketentuan NBA, pusat kebugaran, ruang serbaguna, kolam renang dengan seluncuran dan ribuan kaki persegi taman air.

Menurut The King County, aset Allen di Pulau Mercer ini senilai 116,2 juta dollar AS (Rp 1,2 triliun).

Rumah Michael Dell "Raptor Residence"

Pendiri dan CEO Del mungkin menghabiskan banyak waktu di rumahnya saat ini, sebuah kastil di Austin, Texas. Namun ternyata, ia juga diketahui memiliki surga tropis mengesankan di Kukio,  Hawaii, tempat dia menghabiskan liburannya.

Rumahnya di Hawaii ini disebut "Raptor Residence". Luas bangunannya mencapai 18.500 kaki persegi, terdiri atas tujuh ruang tidur, dan tujuh kamar mandi. Rumah ini menempati lahan tepi air dengan ukuran 189.704 kaki persegi. Nilai "Raptor Residence", ditaksir lebih dari 58 juta dollar AS (Rp 633,8 miliar)

Rumah Yuri Milner di Silicon Valley

Miliarder asal Rusia yang juga investor berbagai media sosial Facebook, Zynga, twitter, Spotify, ZocDoc, 360Buy.com dan Groupon ini membeli rumah seharga 100 juta dollar (Rp 1,09 triliun) pada Maret 2011.

Harga transaksi tersebut, menempatkan rumah ini sebagai salah satu termahal di Amerika Serikat. Luas bangunannya mencapai 30.000 kaki persegi, berada di atas lahan berukuran 4,4 hektar di area premium Los Altos Hills.

Padahal, diketahui kemudian harga hunian ini hanya separuhnya saja. Juru taksir Santa Clara County melaporkan bahwa Milner seharusnya hanya membayar 50,3 juta dollar AS (Rp 549,7 miliar) dan bahkan harga aktual saat ini hanya 45 juta dollar AS (Rp 491,8 miliar).

Tak hanya fisik bangunan yang mencengangkan, pemandangan San Fransisco Bay-nya mampu membuat tamu tak beranjak. Ada lima kamar tidur dan 9 kamar mandi yang dilengkapi ruang serbaguna, teater pribadi, gudang anggur, dan kolam renang dalam ruang.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/08/30/1410462/Ini.Dia.Rumah.Mewah.Para.Punggawa.IT.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger