Senin, 05 Agustus 2013

Instalasi Bikin Pusat Musik Ini Lebih Cantik...

KOMPAS.com - Sekilas, instalasi seni permanen yang ada di atrium Music City Center, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat ini tampak sederhana. Bentuknya menyerupai untaian benang warna-warni raksasa. Namun, sebenarnya, instalasi bernama "Euphony" tersebut terbuat dari deretan bola-bola nirkarat (stainless steel) yang digantung secara dramatis pada cincin raksasa berbentuk oval.

"Euphony" dibuat oleh studio desain Los Angeles, Ball Nogues pada Mei 2013. Secara khusus, studio desain tersebut memastikan "Euphony" sebagai elemen penghias permanen di Music City Center. Kini, siapa pun yang mengunjungi Music City Center dapat mengagumi keindahannya. Bahkan dari luar, karya seni ini bisa disaksikan.

Ball membuat lukisan tiga dimensi tembus pandang, dibuat dengan mesin potong digital khusus. Tergantung pada sudut pandang orang yang melihatnya, 1.141 rantai Euphony akan tampak seperti bentuk geometris atau mengabur menjadi komposisi visual menyerupai uap.

Desainer Benjamin Ball (principal Ball Nogues, bersama Gaston Nogues) dikenal sebagai pengeksplor perpaduan antara arsitektur, seni, dan desain produk melalui model fisik dan penggunaan digital serta cara produksi yang lebih tradisional, seperti tampak pada hasil kreasi terakhirnya.

Bentuk spiral ini lembut dan tegas. Elemen yang saling bertolak belakang merefleksikan cahaya lembut dan berpendar dari jendela seukuran dinding. Pendek kata, desain Euphony tampak mengalir, dan seolah menjadi bentuk fisik musik yang mengalun lembut dengan berbagai karakteristiknya.

Menurut data yang dipublikasikan oleh Music City Center di Nashville, berat total karya seni ini mencapai 1.587,6 kilogram. Jumlah untaian rantai bola-bola mungil yang digunakan mencapai 40,2 kilometer. Rantai-rantai ini digantung pada ketinggian lebih dari 35 meter di atas lantai pertama.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/08/06/1120046/Instalasi.Bikin.Pusat.Musik.Ini.Lebih.Cantik.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger