Minggu, 04 Agustus 2013

Kinerja GPRA Meningkat, Laba Bersih Melonjak 318 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor properti tetap merupakan bisnis menjanjikan di tengah tekanan akibat melemahnya perekonomian global. PT Perdana Gapuraprima Tbk (GPRA) misalnya, masih mencatat penjualan sebesar Rp 242 miliar sepanjang enam bulan pertama di 2013 atau naik 60 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 154 miliar.

"Kinerja yang cukup solid dari perseroan ditandai dari peningkan penjualan dari beberapa proyek yang dimiliki sehingga ini mendongkrak naiknya laba bersih yang dibukukan perseroan," ujar Presiden Direktur PT Perdana Gapuraprima Tbk, Rudy Margono, di Jakarta, Minggu (5/8/2013). 

Namun, lanjut dia, kinerja yang sangat baik bukan hanya ditunjukkan dari naiknya penjualan perseroan secara signifikan. Perseroan tersebut juga berhasil menekan beban lain-lain sehingga mendorong naiknya laba usaha dan laba bersih yang dihimpun perseroan sepanjang semester I 2013.

Rudy mengungkapkan, laba usaha yang dihimpun perseroan hingga Juni 2013 lalu mencapai Rp 89 miliar atau naik 56 persen dibanding periode sama pada 2012 yang tercatat sebesar Rp 38 miliar.

"Kami berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 71 miliar atau naik 318 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 17 miliar," katanya.
 
Dengan capaian kinerja yang sangat bagus sepanjang enam bulan pertama di 2013, Rudy mengatakan, pihaknya optimistis sisa paruh waktu kedua tahun ini juga akan memberikan hasil yang bagi bagi perseroannya.

"Kami yakin bisa menembus penjualan lebih dari Rp 1 triliun tahun ini," ujarnya.

Untuk mencapai target itu, berbagai langkah telah disiapkan diantaranya dengan melakukan akuisisi internal 4 (empat) proyeknya di Nusa Dua Bali, Pondok Indah, Jakarta Selatan, dan Ciputat, Tangerang Selatan.

Rudy mengungkapkan, pihaknya tahun ini masih fokus pada pengembangan sejumlah proyek diantaranya Diamond City-Cipayung seluas 3,48 ha, Graha Azzura MT Haryono seluas 0,37 ha, Ciawi Superblok (Ciawi) seluas 2,5 ha dan Radar AURI-Cimanggis, serta Depok seluas 6 hektar.

"Total nilai sejumlah proyek yang kita siapkan tahun ini mencapai Rp 1,1 Triliun," katanya.

Rencana ke depan, tambah Rudy, Perdana Gapuraprima akan menambah 3 (tiga) hotel baru berbintang, yaitu Gapuraprima Hotel di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Best Western Mega Kuningan Hotel, Jakarta Selatan, serta Best Western Hotel-Serpong, Tangerang.

"Dengan adanya rencana ekspansi ini diharapkan dapat memperkuat revenue dan aset, serta recurring income sehingga memberikan keuntungan bagi pemegang saham," papar Rudy.

GPRA sendiri pada 25 Juli 2013 lalu juga telah menerbitkan Medium Term Notes (MTN) dengan nilai nominal keseluruhan Rp 100 miliar. MTN berjangka waktui 3 tahun dengan bunga tetap 12 persen per tahun itu dijamin dengan unit mall Bellezza yang dimiliki PT Sumber Daya Nusaphala (anak perusahaan GPRA) sebesar 125 persen dari pokok MTN.

"Dana hasil penerbitan  MTN akan dipergunakan untuk akuisisi lahan dan pengembangan proyek. Corporate action ini juga merupakan wujud apreasisi dari pihak ketiga (bank dan investor) atas kinerja GPRA," kata Rudy.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/08/04/1655047/Kinerja.GPRA.Meningkat.Laba.Bersih.Melonjak.318.Persen

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger