Senin, 12 Agustus 2013

Menebak Harga Sewa Kios Blok G Pasar Tanah Abang

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah 1.060 kios di Blok G Pasar Tanah Abang, siap menampung sekitar 968 pedagang kaki lima (PKL) yang direlokasi dari tempat usaha liar sebelumnya di Jl Kebon Jati. Secara bertahap pada dua pekan setelah Lebaran, mereka akan menempati kios-kios berukuran 2x2 meter persegi itu.

Meski belum dipatok secara resmi, namun besaran harga sewa yang tengah dikaji sekitar Rp 5 juta per bulan. Biaya sewa ini mencakup seluruh aspek, mulai dari kebersihan, keamanan, listrik, dan lainnya.

Menurut Marketing Associate ERA Indonesia, Endri Hermawan, harga sewa Rp 5 juta per bulan terbilang sangat kompetitif. Harga sewa yang berlaku di pasaran saat ini bisa lebih dari itu. Contohnya di Blok A dan Blok G yang pengelolaannya berada di tangan PT Priamanaya Internasional, kios ukuran 2x2 meter persegi saja disewakan kepada pihak ketiga senilai Rp 80 juta per tahun.

"Pasar Tanah Abang sampai saat ini merupakan pusat grosir terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Berbagai macam produk tekstil dan pakaian jadi dari berbagai daerah terkumpul di sini untuk didistribusikan kembali ke seluruh kota di Indonesia bahkan mancanegara. Jadi, tak heran bila banyak peminat yang ingin membuka usaha di sini," papar Endri kepada Kompas.com, Senin (12/8/2013).

Banyaknya peminat, lanjut Endri, tidak diimbangi dengan ketersediaan pasok kios yang memadai. Walhasil, harga sewa pun melonjak. Bahkan untuk kios-kios yang berada di titik strategis seperti dekat pintu utama atau eskalator di lantai dasar, harga sewanya bisa mencapai Rp 25 juta per bulan.

Sementara harga jual terendah ruko yang berada di sekitar Pasar Tanah Abang telah menembus angka Rp 5 miliar per unit. Ruko seharga ini terdapat di Jl Tanah Abang II, Jakarta Pusat. Menurut Endri, semakin dekat dengan Pasar Tanah Abang, harga ruko semakin tinggi. Bahkan bisa mencapai puluhan miliar rupiah untuk ruko berukuran 3 lantai.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/08/12/1904551/Menebak.Harga.Sewa.Kios.Blok.G.Pasar.Tanah.Abang

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger