Minggu, 18 Agustus 2013

OMA dan BIG Ikut Revitalisasi Kawasan Bencana Sandy

KOMPAS.com - OMA dan BIG akan ambil bagian dalam usaha "membangkitkan" korban badai Sandy yang terjadi Oktober 2012 lalu. Mereka akan mengembalikan konstruksi fasilitas umum, hunian, dan tercerai-berainya komunitas pada kondisi normal.

Studio arsitektur asal Belanda dan Denmark tersebut merupakan sebagian kecil dari tim yang terpilih untuk melakukan revitalisasi lokasi-lokasi di Amerika Serikat. Terutama, yang rusak parah akibat badai Sandy.

Proyek ini dimulai pada Juni Lalu. Saat itu, US Housing and Urban Development (HUD) meluncurkan kompetisi Rebuild by Design. Sekretaris HUD Shaun Donovan merilis kompetisi tersebut dan meminta para arsitek, arsitek lanskap, insinyur, dan desainer urban untuk membuat  proposal yang dapat membantu merevitalisasi komunitas korban badai Sandy di pesisir timur Amerika Serikat.

Meski hanya kelompok kecil yang akhirnya terpilih mengendalikan proyek ini, namun sebenarnya ada lebih dari 140 tim potensial yang sudah mendaftarkan diri. Tim tersebut berasal dari 15 negara. Mereka mengirim proposal dan berbagai teknik mutakhir di bidang insinyur, arsitektur, desain, lanskap, dan perencanaan tata wilayah.

Tentu, proyek berskala besar ini tidak sekadar proyek inspirasional. Proyek ini mendapat sokongan penuh dari Rockefeller Foundation, JPB Foundation, New Jersey Recovery Fund, dan Deutsche Bank Americas Foundation.

OMA dan BIG didapuk sebagai bagian dari tim inti bersama studio asal New York, WXY Architecture, arsitek lanskap West 8, dan tim desain dari University of Pennsylvania. Tim kecil ini akan menghabiskan waktu selama tiga bulan mendatang mempelajari area dan relasi bangunan-bangunan yang ada dengan para stakeholder.

Mereka akan memfokuskan diri pada empat area: komunitas pesisir, lingkungan urban padat, jaringan air dan ekologi, serta area asing dengan karakter yang masih belum diketahui. Tim ini akan bekerja selama delapan bulan. Mereka akan melakukan berbagai hal yang terbagi menjadi dua: analisis dan desain.

"Proyek ini muncul dari kompetisi yang akan menyelamatkan hidup dan melindungi komunitas di wilayah ini. Tim Taktis pun akan menekankan pekerjaan pada Strategi Pembangunan Kembali mulai minggu depan. Hal tersebut akan menjadi model untuk mempersiapkan komunitas di seluruh negeri atas dampak perubahan iklim," ujar Donovan yang juga mengepalai Tim Taktis Pembangunan Kembali Badai Sandy (Hurrican Sandy Rebuilding Task Force).

Ada pun, implementasi desain akan mulai pada Maret 2014 mendatang.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/08/19/1013404/OMA.dan.BIG.Ikut.Revitalisasi.Kawasan.Bencana.Sandy

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger