Minggu, 18 Agustus 2013

Selebriti Beken Ini Dipaksa Menghancurkan "Union Jack"

KOMPAS.com - Anda belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk properti tambahan di area rumah Anda? Meski bersifat tambahan, seperti dinding pagar tinggi atau konstruksi dasar sekalipun, sebaiknya segera mengurusnya sebelum dihancurkan secara paksa.

Kasus Jools Holland (55) tampaknya bisa dijadikan pelajaran berharga. Aset properti tambahan milik presenter televisi, pianis, penyanyi, dan komposer terkenal Inggris ini ternyata tidak ber-IMB. Akibatnya, Holland dikenakan kewajiban meruntuhkan dinding-dinding tinggi bergaya kastil di pekarangan rumahnya. Padahal, pasalnya sepele. Ia lupa mengajukan izin pada dinas tata kota setempat.

Dinding-dinding tersebut Holland bangun untuk mempercantik pekarangannya. Bagaimana tidak cantik, selain dinding kastil, ia juga membangun pagar tanaman dengan mengadopsi "Union Jack" atau lambang khas Inggris. Meski membuat lambang negara berukuran besar, ternyata pemerintah Inggris tidak mengagumi karya tersebut. Dinding-dinding yang dibangun di sisi kolam renang milik Holland harus segera dimusnahkan.

Menanggapi mandat pemerintah setempat, Holland mengajukan keberatan. Dia sudah mengajukan mosi pada Dewan Medway untuk tidak melakukan penghancuran. Pasalnya, dinding yang dia bangun menggunakan teknik konstruksi berstandar tinggi serta menggunakan bebatuan lokal. Konstruksi yang sudah dilakukan terlalu sempurna untuk dihancurkan begitu saja. Lagipula tidak ada tetangga sekitar yang yang keberatan dengan pembangunan tersebut.

Dalam surat keberatannya, Holland mengatakan, "Dinding baru dan tanamannya menciptakan area taman kohesif dan menarik yang bisa dilihat dari rumah utama serta kolam renang. Dinding tersebut telah dibangun menyamakan persis dinding yang sudah ada di sekitar kolam renang, menggunakan batu alam lokal dan disatukan dengan lime mortar".

Sayangnya, dewan menolak mosi tersebut, dan Holland tetap harus meruntuhkannya. Dewan Medway, lewat juru bicaranya mengatakan bahwa pengerjaan konstruksi tersebut dilakukan menyusul ketidaktahuan Holland serta asumsi pribadinya, tidak memerlukan izin untuk   membangun di area milikya. Holland sudah diperingatkan sebelumnya dan sudah disarankan untuk mengirimkan rencana pembangunan.

Rumah tempat dinding yang kini bermasalah tersebut merupakan rumah manor dari abad ke-18. Selain memperbaiki fitur dasar di rumah tua tersebut, Holland juga menambahkan sebuah ruang musik, sebuah ruangan tampahan, balai masuk, dan kolam renang berukuran besar.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/08/19/1109100/Selebriti.Beken.Ini.Dipaksa.Menghancurkan.Union.Jack.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger