Selasa, 06 Agustus 2013

Sertifikasi Gedung Hijau Ramah Lingkungan Dipertanyakan!

NEW YORK, KOMPAS.com — Sertifikasi hijau dan ramah lingkungan yang diberikan Konsil Bangunan Hijau (Green Building Council) kepada gedung-gedung pencakar langit mulai digugat secara luas. Gugatan tidak hanya berdasarkan pada sistem penilaian dan pemeringkatan, tetapi juga potensi pembatasan keuntungan.

Adalah sebuah artikel di media online New Republic yang menguak rahasia kotor dari gedung Bank of America di New York. Kinerja bangunan ini memutarbalikkan puja puji ketika dibuka pada 2010. Saat itu, mencuat penilaian gedung setinggi 55 lantai ini memiliki urinal hemat air, dilengkapi pengendali cahaya lampu, sistem pengumpul air hujan, dan berbagai teknologi hijau lainnya sehingga layak diganjar sertifikat Platinum Leadership in Energy and  Environmental Design (LEED) dari Green Building Council Amerika Serikat.

Namun ternyata, itu hanya kepentingan pemasaran semata demi menarik minat para calon penyewa. Sebuah studi kota, lanjut artikel tersebut, justru mengungkapkan fakta bahwa gedung ini mengonsumsi energi per kaki persegi dua kali lebih banyak ketimbang bangunan konvensional macam Empire State Building. Bahkan bila dibandingkan gedung dengan penilaian LEED lebih rendah, Bank of America tetap merupakan penghambur energi terbesar.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/08/06/1331447/Sertifikasi.Gedung.Hijau.Ramah.Lingkungan.Dipertanyakan.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger