Minggu, 04 Agustus 2013

Shanghai Sanggup Membangun 132 Pencakar Langit dalam 18 Tahun!

SHANGHAI, KOMPAS.com - Shanghai merupakan megapolitan di China dengan transformasi paling spektakuler dan mengesankan. Kota ini sebelumnya sarat dengan lahan pertanian yang luas. Masifnya pengembangan properti, mengubah segalanya. Salah satu yang menjadi fokus perhatian dunia adalah distrik keuangan Pudong. Distrik ini mengalami perkembangan dengan eskalasi yang menakjubkan selama lebih dari dua dekade.

Guna membuktikannya, Dailymail, membuat komparasi fotografi Shangai pada 26 tahun silam dengan saat sekarang, ketika ledakan pembangunan pencakar langit mendominasi cakrawala kota.


Gambar pertama menunjukkan Pudong pada tahun 1987, daerah di sebelah timur Sungai Huangpu. Aktifitas pertanian dalam foto ini masih terlihat jelas di tengah-tengah eksistensi bangunan pabrik dan perkantoran dengan ketinggian rendah (low rise).Foto kedua diambil pekan lalu. Ini menunjukkan sebuah distrik yang kompak, sarat gedung pencakar langit dan lebih futuristik. Wilayah ini memang dirancang sebagai Zona Ekonomi Khusus yang diluncurkan Partai Komunis di Beijing pada 1990. Pudong New Area sendiri secara resmi didirikan tiga tahun kemudian.

Pudong aktual merupakan pusat komersial paling ramai di China. Sabtu lalu, menara tertinggi kedua di dunia, Shanghai Tower setinggi 632 meter, kelar konstruksinya dan menggenapi eksistensi pencakar langit lainnya seperti Jin Mao Tower dan Shanghai World Financial Center.

Shanghai Tower memiliki lift tercepat di dunia yang diinstal Mitsubishi. Lift ini menggunakan taksi ganda yang akan membawa pengunjung "mengangkasa" dengan kecepatan 40 mil per jam (mph).

Perancangnya, Art Gensler mengatakan, Shanghai Tower merupakan cara baru untuk mendefinisikan dan menciptakan kota. Dengan menggabungkan praktik-praktik terbaik dalam keberlanjutan dan kinerja tinggi, Snghai Tower mengubah peran gedung-gedung tinggi di kota-kota kontemporer.

Selain Shanghai Tower, kota ini telah memiliki 131 pencakar langit (high rise building)yang dibangun sejak 1995. Lima di antaranya merupakan supertall dengan ketinggian melebihi 300 meter.

Tak cukup sampai di situ, China juga bakal menambah koleksi "mercusuar"-nya, jika Sky City yang dikembangkan China Board Group rampung terbangun. Ketinggiannya mencapai 838 meter, mencakup 220 lantai, sekaligus mengerdilkan Burj Khalifa Dubai sebagai yang tertinggi di jagat raya.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/08/05/1251028/Shanghai.Sanggup.Membangun.132.Pencakar.Langit.dalam.18.Tahun.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger