Senin, 02 September 2013

Aksen Menarik dengan Corak Garis-Garis

KOMPAS.com - Untuk mengubah tampilan ruangan, corak garis-garis cenderung mudah dan sederhana bagi pemula. Agar menghasilkan aksen lebih menarik, tidak ada salahnya mengaplikasikan corak ini pada lantai tersebut. Berikut ini cara mudah melakukannya: 

Membersihkan

Pertama, pastikan lantai yang ingin Anda cat sudah bersih dari berbagai debu dan kotoran. Gunakan pembersih vakum untuk menghilangkan kotoran tersebut.

Setelah bersih sempurna, aplikasikan cat primer pada lantai Anda. Mulailah mengecat pada area terjauh dari pintu keluar ruangan Anda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu pusing menghindari area lantai yang sudah tertutup cat. Tunggulah lima jam sebelum mengaplikasikan lapisan kedua.


Cat khusus

Sehari setelah selesai mengaplikasikan primer pada lantai ruangan, langkah kedua adalah mengaplikasikan warna dasar pada lantai tersebut. Gunakan cat khusus lantai dan teras untuk menutup lantai kayu tersebut. Berbeda dengan primer yang "hanya" membutuhkan lima jam untuk mengaplikasikan lapisan kedua, pastikan Anda menunggu 24 jam sebelum memberikan lapisan kedua cat lantai Anda.

Saat mengaplikasikan cat dasar lantai Anda, pastikan Anda mengecat lapisan kedua dengan arah yang berlawanan dengan lapisan pertama. Hal ini sangat penting bagi Anda yang memiliki lantai kayu tanpa jeda antara papan kayu, dan ingin hasil akhir sempurna.

Setelah itu, gunakan lakban khusus mengecat untuk membagi lantai sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Gunakan lakban tersebut untuk memberikan tanda lantai mana yang tidak ingin Anda tutup dengan lapisan baru.

Peletakkan warna

Ini harus Anda perhatikan. Warna yang menempel pada dinding cenderung tampak sebagai warna dominan. Karena itu, jika ingin menempatkan warna cat primer sebagai warna yang dominan pada ruangan tersebut, aturlah agar warna primer menempati sisi terdekat dengan dinding.

Gunakan roller untuk mewarnai area di sisi lakban (painter's tape) dengan warna dasar. Setelah itu, cat bagian dalam area yang sudah ditandai dengan lakban menggunakan dua lapis cat warna lain.

Pastikan Anda menarik painter's tape sesegera mungkin untuk mendapatkan garis yang tajam dan "bersih". Dengan "memberi alas" di tepi lakban menggunakan cat berwarna dasar sebeum mewarnai bagian tersebut dengan warna lain, kemungkinan menghasilkan cat yang berantakan akan semakin kecil.

Tinggalkan ruangan dan biarkan kering selama 24 jam. Setelabh itu, barulah letakkan kembali furnitur ke dalam ruangan setelah 24 jam.

Warna mencolok

Anda bisa memilih warna mencolok untuk menutupi lantai kayu. Jika cara ini yang Anda pilih, pastikan dinding ruangan tersebut menggunakan warna lebih netral. Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan corak lain seperti kotak-kotak.

Namun, jika Anda belum percaya diri menutupi seluruh permukaan lantai dengan cat, Anda juga bisa membuat stensil di atas lantai kayu. Stensil relatif lebih cepat karena hanya menutupi sebagian kecil permukaan lantai.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/09/02/2058121/Aksen.Menarik.dengan.Corak.Garis.Garis.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger