Jumat, 27 September 2013

Bagaimana Mendesain Hunian Mungil yang Cuma 30 Meter Persegi?

KOMPAS.com - Jakarta bukan satu-satunya kota besar di dunia yang menghadapi masalah kepadatan penduduk dan minimnya lahan untuk digunakan sebagai hunian. Brasilia di Brazil juga mengalami masalah serupa. Karena itulah, para pengembang dan penduduk kota tersebut berbondong-bondong menggunakan konsep ruangan berfungsi ganda pada rumahnya.

Salah satu contoh konsep tersebut bisa dilihat pada apartemen berukuran 30 m2 di Brasilia yang dibuat oleh BEP Architects. BEP menjawab kebutuhan pemilik apartemen yang menginginkan kehidupan sosial di tempat tinggal mereka, namun juga keintiman di ruang tersebut.

Sejatinya, tak banyak yang bisa dilakukan dalam ruangan seluas 30 m2. Di dalam apartemen ini, pemberian sekat-sekat hampir tidak mungkin.

Namun, BEP Architects secara kreatif menjawab tantangan tersebut. Mereka membuat pengaturan tata ruang sesuai kebutuhan pemiliknya, yaitu mampu berfungsi sebagai ruang yang membuat keluarga merasa nyaman dan intim. Bahkan, apartemen tersebut juga bisa menjadi ruang bersosialisasi.

Berdasarkan foto-foto yang dipublikasikan Freshome.com, tampak bahwa salah satu caranya adalah dengan menggunakan cermin sebagai pintu kamar mandi. Pantulan cermin mampu memberikan ilusi adanya ruangan lain menyambung dengan apartemen mungil tersebut.

Namun, bukan itu rahasianya. Rumah ini bisa "disulap" hingga memiliki tiga denah berbeda. Dalam keadaan normal, apartemen studio ini memiliki kamar mandi, area dapur, dan area tidur.

BEP Architects hanya melakukan trik sederhana berupa pemasangan tempat tidur yang dapat dimasukkan dalam lemari. Selain itu, meja yang ada di bagian kaki tempat tidur juga bisa dialihfungsikan sebagai meja makan.

Setelah tempat tidur dimasukkan, apartemen ini bisa memiliki ruang makan, atau ruang tamu. Meski tidak bisa dimunculkan secara bersamaan, namun apartemen mungil dapat berfungsi sempurna.

Pengaturan tata ruang di apartemen ini memang sudah istimewa. Selain itu, apartemen ini juga bisa berfungsi sesuai keinginan pemiliknya. Namun, jika diperhatikan lebih lanjut, ada hal lain yang membuat apartemen ini tampak istimewa.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, apartemen ini menggunakan pintu cermin pada kamar mandi yang membuatnya tampak seperti pintu ke ruangan lain. Selain itu, apartemen ini juga menggunakan kursi akrilik tembus pandang. Kursi semacam ini cocok bagi ruang-ruang berukuran terbatas.

Terakhir, apartemen ini menggunakan perpaduan warna yang menarik. Lantai dan lemari kayu berwarna gelap membuat apartemen ini terasa intim dan nyaman. Namun, penggunaan dinding, meja, dan plafon berwarna terang membuat ruangan ini tidak terasa sempit.

Tampaknya, meski penataan semacam ini ditujukan bagi apartemen, tidak ada salahnya menggunakan pengaturan ini pada rumah tapak dengan ukuran sama. Selain efektif, pengaturan semacam ini pun tampak cantik dan elegan.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/09/28/1008197/Bagaimana.Mendesain.Hunian.Mungil.yang.Cuma.30.Meter.Persegi.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger