Minggu, 29 September 2013

Cermati Enam Langkah Sewakan Rumah!

KOMPAS.com - Memiliki rumah berukuran cukup besar di daerah wisata adalah investasi bagus. Jangan sia-siakan, alih-alih dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan dengan membuatnya menjadi rumah sewa untuk berlibur! 

Berikut ini beberapa tips jika Anda ingin mengawali bisnis rental properti untuk berlibur. 

Pertama, buatlah daftar agen properti yang Anda percaya. Mereka berperan sebagai perantara antara Anda dan penyewa. Agen terikat pada kontrak legal untuk membantu Anda dan klien. Mereka akan membantu memilih klien yang sesuai dengan kriteria, serta menyebarkan penawaran rumah peristirahatan milik Anda. 

Kedua, selalui perbarui informasi mengenai tren desain interior dan eksterior. Usahakan selalu memperbarui rumah yang Anda sewakan. Umumnya, penyewa akan merasa lebih nyaman tinggal di dalam penginapan yang memiliki fasilitas lengkap, dan tampilannya tidak jauh dari tampilan rumah mereka. Selain itu, pastikan juga menjaga kebersihan dan kualitas rumah yang Anda sewakan. 

Ketiga, ada baiknya Anda menyewa petugas jasa pembersih. Jangan sampai tamu menemukan debu di dalam rumah sewaan. Masing-masing tamu memiliki kondisi kesehatan yang berbeda. Tidak ada salahnya menjaga penginapan Anda selalu bersih untuk menghindari risiko tamu sakit karena lingkungan  tidak higienis.

Keempat, lakukan beberapa hal ini agar rumah yang Anda sewakan terasa nyaman. Gantung karya seni seperti lukisan atau foto, berikan bantal ekstra pada tempat tidur dan sofa, sediakan vas dan bunga segar, serta meletakkan koleksi buku dan majalah. Bila perlu, sediakan pula permainan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan banyak karpet agar anak-anak dapat bermain di lantai.

Kelima, sediakan perlengkapan yang kemungkinan akan dibutuhkan tamu Anda di dapur. Misalnya, kompor, microwave, dan perlengkapan makan. Hal ini bisa menjadi langkah opsional. Pasalnya, beberapa keluarga yang menyewa rumah peristirahatan biasa lebih senang membawa perlengkapan makan dan memasaknya sendiri.

Keenam, jangan lupa sediakan informasi mengenai lokasi-lokasi wisata di sekitar rumah yang Anda sewakan. Selain itu, berikan tamu, informasi mengenai pusat kesehatan terdekat, toko obat, pasar tradisional, dan pasar swalayan terdekat. Sediakan pula nomor-nomor yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat.

Daftar ini dapat berkembang sesuai dengan yang Anda temukan di lapangan. Anda tentu boleh menawarkan harga yang cukup tinggi ketika menyewakan rumah untuk berlibur. Hanya, Anda harus ingat untuk selalu mendahulukan kebutuhan penyewa. Ingat juga bahwa tidak ada salahnya memilih calon penyewa rumah. Dengan tidak menyewakan rumah pada sembarang orang, sama artinya dengan merawat rumah Anda.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/09/30/0720289/Cermati.Enam.Langkah.Sewakan.Rumah.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger