Minggu, 29 September 2013

Di Tangan Hansen, Lantai Kayu Tak Lagi Kaku...

KOMPAS.com — Pernille Snedker Hansen menciptakan inovasi yang memungkinkan permukaan kayu tidak lagi membosankan. Hansen menggunakan peralatan sederhana seperti bak berisi air dan cat berwarna-warni untuk menghias permukaan kayu. 

Dengan cara klasik ini, Hansen telah berhasil membuat berbagai corak cantik dan kontemporer pada kayu yang bisa digunakan sebagai penutup lantai dan dinding.

Hansen menamai koleksi lantai-lantai kayu berwarna-warninya dengan Marbelous Wood. Desainer Snedker Studio asal Denmark ini menginpretasikan kembali lantai tradisional khas Skandinavia dengan berbagai warna mencolok. Marbelous Wood terdiri atas beberapa koleksi, salah satunya Refraction. 

"Refraction merupakan bagian dari seri lebih besar yang bernama Marbelous Wood, yaitu seri dari kayu-kayu yang diberikan corak marmer, sebuah teknik yang diketahui dari sampul buku-buku tua," ujar Hansen dalam situs resminya. 

Ternyata, lantai kayu merupakan pelapis lantai populer di Skandinavia. Marbelous Wood mengintepretasikan kembali fitur klasik tersebut dengan warna-warni menarik. Corak berwarna-warni yang ada di permukaannya pun tidak dibuat begitu saja. Hansen terinpirasi refraksi cahaya melalui prisma, yang menghasilkan warna-warni bergradasi dari satu warna ke warna lainnya. Selain itu, karena metode yang digunakannya, corak yang ada di permukaan kayu sedikit tembus pandang. Hal ini membuat warna menyatu dengan kayu tersebut.

Hiasan pada permukaan kayu tidak sekadar ornamental. Marbelous Wood juga mengungkapkan cerita mengenai waktu. Setiap cetakan menangkap momen beku yang unik di dalam proses. Dibuat dari satu tetesan warna ke warna lainnya, cincin demi cincin, coraknya dibuat pada permukaan air. Hasil akhirnya merupakan refleksi dari cincin tahunan pada kayu.

Snedker Studio, tempat Hansen bekerja, adalah studio desain kontemporer yang mengembangkan permukaan inovatif bagi interior rumah. Pernille Snedker Hansen memulai studio desain pada 2009 dan telah mengembangkan berbagai kayu bercorak inovatif. Menurut Hansen, proses membuat berbagai corak unik ini adalah faktor penting dalam metodenya. Ia memadukan antara proses dan inspirasi untuk membuat setiap karyanya.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/09/30/0753153/Di.Tangan.Hansen.Lantai.Kayu.Tak.Lagi.Kaku.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger