Kamis, 19 September 2013

Inilah Sebelas Pencakar Langit Terbaik Dunia!

KOMPAS.com — Lupakan kota Singapura dan New York yang sarat gedung-gedung tinggi ikonik dan fotogenik. Pencakar langit terbaik justru berada di Kanada.

Emporis, sebuah lembaga yang menyediakan data proyek dan konstruksi memilih The Absolute World Towers sebagai bangunan jangkung baru terbaik tahun 2012. Gedung ini terletak di Mississauga, Kanada.

Tampilan visual apartemen tersebut sangat menarik dan memanjakan mata para pencinta skyscraper di seluruh dunia. MAD Ltd dan Burka Architects merancangnya dalam dua menara dengan postur meliuk-liuk. Bentuknya yang unik, memikat para juri internasional untuk memilihnya sebagai yang terbaik di antara 300 pencakar langit dengan ketinggian lebih dari 100 meter.

The Absoulte World Towers, secara absolut, dinilai sangat estetik, menarik, dan cantik. Oleh karena itu, ia dijuluki dengan sebutan "Marilyn Manroe". Lengkungannya begitu seksi dan satu sama lain sangat presisi.

Selain "Marilyn Monroe", terdapat gedung lainnya yang mendapat apresiasi sebagai 10 pencakar langit terbaik.

Di posisi kedua terdapat Al Bahr Towers. Berbeda dengan jawara tadi, gedung ini justru dinilai merepresentasikan kemajuan teknologi. Ia dirancang memiliki panel photovoltaic yang bereaksi terhadap sinar matahari. Setiap terjadi pergerakan matahari, sebanyak 2.000 payung akan membuka dan menutup kembali untuk mereduksi sengatan panasnya di dalam gedung hingga 50 persen.

Menyusul kemudian Burj Qatar. Lokasinya berada di pusat bisnis Doha. Menara gedung ini berfungsi sebagai penangkal petir. Fasadnya terbuat dari pola berlapis yang dirancang agar terlihat seperti layar Islam kuno untuk menaungi bangunan dari terik mentari.

The Bow menempati peringkat keempat. Sesuai namanya, gedung ini memiliki pemandangan Sungai Bow, Calgary. Ketinggiannya yang mencapai 237,5 meter menjadikannya sebagai pencakar langit tertinggi keenam di Kanada. Gedung ini 30 persen lebih ringan dibanding bangunan lain karena terbuat dari baja dan kaca sebagai elemen dominan.

Tempat kelima diduduki House on Mosfilmovskaya 1. Pencakar langit ini termasuk sepuluh gedung tertinggi di Rusia dan menjulang setinggi 213 meter. Kolom beton eksposnya menyambung hingga ke gedung lainnya setinggi 132 meter.

Pearl River Tower di Guangzhou, China berada di tempat keenam. Bangunan yang mengangkasa 309 meter ini merupakan salah satu yang paling hemat energi. Untuk operasionalisasi, pengelolanya memanfaatkan energi angin dan teknologi surya.

Berturut-turut kemudian Varya Meridian yang berisi 1.500 unit apartemen, dikombinasikan dengan hotel bintang lima dan ruang kantor. Bagian luar bangunan berwarna terakota, dan bertransisi secara dramatis menjadi biru metalik ke bagian atas.

UniCredit Tower. Ini merupakan markas besar UniCredit Bank dan tertinggi di Italia. Ketinggiannya bisa dilihat dari radius 6 kilometer dan dihias lampu LED yang bisa mengubah warna tampilan gedung.

Renaissance Barcelona Fira Hotel. Fasilitas akomodasi ini disapu warna putih pada fasadnya hampir di semua bagian dinding, kecuali sisi utara yang berwarna hitam. Fasilitas pelengkapnya antara lain taman vertikal yang berisi lebih dari 300 pohon palem.

Dumankaya Ikon. Gedung di Istanbul, Turki, ini adalah sebuah bangunan dengan fungsi ganda, apartemen sekaligus pusat belanja. Terdiri atas tiga menara yang saling terkoneksi di lantai 12, 22, dan 32.

Posisi buncit adalah Zhengzhou Greenland Plaza di Shengzhou, China. Properti multifungsi ini mencakup hunian, perkantoran, dan hotel sebanyak 435 kamar. Menjadi menarik dan memukau para juri, sebab di atas menaranya terdapat cermin yang dapat merefleksikan pantulan sinar matahari hingga menembus ke dalam atrium hotel.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/09/19/1748275/Inilah.Sebelas.Pencakar.Langit.Terbaik.Dunia.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger