Rabu, 18 September 2013

Jakarta Masih Memuncaki Pasar Perkantoran Dunia

KOMPAS.com — Jakarta masih memuncaki pasar perkantoran global. Hal ini terlihat dari pertumbuhan rerata harga sewa yang melesat sebesar 9 persen selama paruh pertama tahun 2013.

Riset yang dihasilkan DTZ, konsultan yang berbasis di Inggris, memperlihatkan kinerja sektor perkantoran Jakarta paling tinggi, jauh di atas Shanghai, Mumbai, bahkan New York dan San Francisco. Kinerja Jakarta menjadikan Asia Pasifik memimpin pertumbuhan internasional. 

Secara umum, menurut DTZ, pertumbuhan perkantoran sewa kawasan Asia Pasifik melebihi Eropa dan Amerika Serikat dan akan terus berlanjut hingga 2017 mendatang.

Dalam empat tahun ke depan, pertumbuhan tertinggi diperkirakan akan terjadi di India, dengan Bangalore melesat di depan. Kota ini mencatat pertumbuhan tahunan sebesar 8,5 persen.

Berbeda kondisinya dengan Mumbai dan Shanghai. Kedua kota ini justru tergelincir. Masing-masing mencatat penurunan terbesar, yakni 3 persen. Perlambatan pertumbuhan ekonomi di China dituding sebagai penyebab rapor merah sektor perkantoran dengan mencatat perubahan rerata 0,8 persen.

Akan tetapi, kebijakan-kebijakan pengetatan pembelian dan pendinginan pasar properti yang dilakukan otoritas China berpotensi mengembalikan kinerja sektor perkantoran ke arah lebih baik.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/09/19/1241151/Jakarta.Masih.Memuncaki.Pasar.Perkantoran.Dunia

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger