Jumat, 20 September 2013

Jangan Panik... Mudah Kok Membersihkan Lantai Kayu!

KOMPAS.com - Jangan panik. Membersihkan lantai kayu dari tumpahan benda cair sebenarnya tidak susah. Asalkan, pemiliknya tahu persis jenis benda cair tersebut dan bagaimana sifatnya terhadap permukaan kayu. Setelah itu, tinggal melihat ada atau tidaknya noda pada lantai kayu. Jika ternyata ada, langkah selanjutnya harus diambil segera agar noda tersebut tidak membekas.

Anda bisa menyimak beberapa cara berikut ini untuk membersihkannya. Seperti telah disebutkan sebelumnya, pertama-tama kenali dulu jenis benda cair yang tumpah di lantai kayu rumah Anda. Jika benda cair tersebut adalah minyak, segera sediakan koran atau tisu kamar mandi untuk menyerap minyak tersebut.

Setelah minyaknya terserap, tutup lantai kayu dengan kain yang sudah direndam dalam larutan pembersih kering (dry cleaning fluid). Lap dan bersihkan dengan deterjen.

Berbeda jika Anda berhadapan dengan tumpahan semir sepatu. Segera seka dengan lembut permukaan lantai kayu menggunakan busa kawat atau semacam spons terbuat dari besi. Sementara itu, jika berhadapan dengan urin hewan peliharaan, segeralah gunakan koran untuk menyerap cairan urin, kemudian seka permukaannya dengan kain lembab dan panas serta tepung penggosok.

Menghilangkan noda

Tidak hanya tumpahan. Sisa-sisa noda dari tumpahan tersebut juga mampu membuat sakit kepala. Namun, dengan larutan pembersih yang tepat, Anda bisa menghilangkan noda tersebut.

Untuk noda darah, hilangkan dengan air dingin. Jika terlalu kuat, gunakan campuran amonia dan air dingin. Untuk noda pewarna, seka dengan menggunakan kain dan larutan pembersih berupa air dan pemutih dengan perbandingan 1:3.

Selain pewarna, warna-warni yang tidak diinginkan bisa muncul pada permukaan lantai kayu Anda, seperti cat kuku, tinta, lipstik, dan noda krayon. Anda bisa menggunakan deterjen, tepung penggosok, air, dan spons kasar untuk menghilangkan noda pewarna kuku.

Untuk tinta, gunakan air dan detergen. Bila tidak hilang juga, baru gunakan pembersih tinta. Untuk lipstik, gunakan detergen dan air hangat.

Terakhir, Anda bisa menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan noda krayon. Seka permukaan dengan pasta gigi menggunakan kain kering.

Selamat bekerja!

(www.howtocleanstuff.net)


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/09/21/1021212/Jangan.Panik.Mudah.Kok.Membersihkan.Lantai.Kayu.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger