Senin, 23 September 2013

Lewat Fotografi, Merekam Waktu yang "Berhenti"

TEXAS, KOMPAS.com - Ini merupakan koleksi foto-foto unik dari fotografer Emily Blincoe. Blincoe memotret rumah milik mendiang kakek dan nenek buyutnya, pasangan Reimer, yang selama 26 tahun dibiarkan tidak tersentuh.

Memang, meski bukan yang utama, namun fotografi merupakan bagian dari arsitektur. Melalui fotografi, keunikan desain, keindahan, dan perannya di masyarakat dapat terekam dan diabadikan agar generasi selanjutnya dapat mengembangkan karya arsitektur tersebut, atau sekedar mengingatnya sebagai referensi.

Pada momen-momen tertentu, fotografi juga mampu mengabadikan kenangan, selain gedung semata. Ini yang dilakukan oleh Emiliy Blincoe di rumah tersebut.

Biasanya, jika memotret sebuah bangunan yang sudah ditinggalkan bertahun-tahun, sang fotografer akan berfokus pada apa yang tampak dalam permukaan di dalam rumah, misalnya arsitekturnya. Namun, Emily mencari lebih jauh dari itu, yaitu cerita di belakangnya.

Blioncoe memotret di sebuah rumah bergaya peternakan di Smithville, Texas. Rumah tersebut merupakan milik mendiang kakek dan nenek buyut Blincoe, Emil dan Alma Reimers. Selama 26 tahun, rumah ini sudah ditinggalkan, tepatnya setelah kematian Emil dan Alma pada 1983 dan 1987.

Namun, bagian dalam rumah ini tidak porak-poranda. Masih ada bagian-bagian yang persis seperti waktu sebelum rumah tersebut ditinggalkan oleh pemiliknya.

Melalui blognya, Thesewoods.com, Blincoe menceritakan latar belakang rumah ini, berikut berbagai kenangan yang terpicu ketika dia memotretnya. Ternyata, Huffington Post dan Daily Mail kemudian menyebarkan cerita unik tersebut ke seluruh dunia.

Menurut Huffington Post, berdasarkan narasi yang dilakukan Blincoe, ruangan-ruangan di dalam rumah milik kakek dan nenek buyut Blincoe seolah "hidup" kembali. Namun, Blincoe justeru mengatakan, "Saya harap foto-foto ini tidak dilihat sebagai pengingat bagaimana rumah ini sebelumnya, namun justeru seperti saat ini."

Proyek fotografi bertajuk "The Home Place" ini berisi belasan foto di sekitar rumah milik keluarga Reimers. Blincoe tidak hanya menjepret interior rumah tersebut, namun juga eksteriornya. Termasuk, sebuah truk tua berkarat di luar rumah.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/09/23/1423247/Lewat.Fotografi.Merekam.Waktu.yang.Berhenti.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger