Kamis, 26 September 2013

Saatnya, Menonton Konser dalam Balon Raksasa!

KOMPAS.com - Pematung asal Inggris, Anish Kapoor, dan arsitek asal Jepang, Arata Isozaki, mendesain struktur yang dapat dipindah-pindah. Struktur ini dapat digunakan sebagai tempat mengadakan konser dan bengkel kerja, baik bernuansa tradisional maupun kontemporer.

Uniknya, struktur tersebut dibuat dalam bentuk menyerupai balon. Struktur ini rencananya akan menjadi ruang yang digunakan untuk mengadakan konser dan penampilan kontemporer sebagai bagian dari Lucerne Festival Ark Nova.

Struktur menyerupai balon ini dibangun di Kota Matsushima, Prefektur Miyagi, Jepang. Menurut situs resmi Lucerne Festival Ark Nova, Kota Matsushima merupakan salah satu kota yang terkena dampak paling parah dari bencana gempa bumi dan tsunami di Jepang pada 2011 lalu.

Seperti dikutip www.designboom.com, festival ini diharapkan mampu meringankan kondisi penduduk yang masih memulihkan dari dari bencana tersebut. Melalui musik, penduduk diharapkan mampu menangkap semangat dan pandangan positif.

Proyek pembuatan "gedung" konser ini sudah dimulai pada Agustus 2011, lima bulan setelah bencana besar terjadi di Jepang. Ketika itu, Anish Kapoor dan Arata Isozaki mulai berkolaborasi dalam proyek "Ark Nova" bagi Lucerne Festival dan Kajimoto Music. Saat diinisiasi pertama kali, maksud pembuatan proyek ini adalah untuk membawa harapan dan janji bagi mereka yang harus merasakan efek bencana.

Pada model pertamanya, ruang konser tiup ini didesain dengan menggunakan warna merah. Namun, berselang tiga tahun dari perencanaan, kini "gedung" konser tersebut berdiri dengan pilihan warna lain, ungu tua. Hanya saja, berdasarkan foto-foto yang beredar, bagian interior ruang konser ini tampak berwarna ungu kemerahan akibat sorot lampu dan sinar matahari dari luar ruangan.

Namun, ada beberapa hal yang tidak berubah. Pertama, bentuknya. Bentuk interior "gedung" konser ini sesuai dengan rencana, lengkap dengan "tiang" di tengah-tengah balom yang tampak seperti lubang donat dari luar konstruksi.

Kedua, jumlah penonton yang bisa ditampung di dalam konstruksi temporer ini. Sesuai rencana, ruang konser temporer ini mampu menampung 500 orang.

Untuk Anda yang penasaran dengan konstruksi unik ini, Anda bisa mengunjungi Kota Matsushima pada 27 September 2013 hingga 14 Oktober 2013 mendatang. Tertarik?


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/09/26/1509379/Saatnya.Menonton.Konser.dalam.Balon.Raksasa.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger