Selasa, 17 September 2013

Satu Trik untuk Seluruh Ruang

KOMPAS.com - Mendekor interior, terutama ruang tamu adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus "penuh misteri". Pasalnya, ruang tamu merupakan "gerbang" menuju isi rumah Anda yang bisa diakses oleh tamu dengan mudah.

Bagi Anda yang mendekor untuk rumah sendiri, bisa terjebak dengan terlalu banyak memadukan gaya dan ornamen kesukaan. Sementara, bagi Anda yang mendekor untuk orang lain, orang tersebut kemungkinan besar akan sulit mengutarakan keinginannya. 

Menurut Nicole Sforza dari Real Simple, meski kebanyakan kegiatan dekorasi adalah "misteri", namun para desainer hebat sudah memberikan rasio, proporsi, dan penghitungan  bagi para dekorator untuk membuat ruangan yang ideal. Dengan kata lain, ada trik universal untuk membantu Anda mendekor ruang tamu dan ruang keluarga.

Berikut ini caranya:

 

"Aturan" menggantung karya seni di dinding

Bunny Wiliams dari Bunnywilliams.com mengatakan, sekelompok karya seni membutuhkan sebuah jangkar, seperti konsol atau sofa. Barang yang Anda pilih akan membantu menentukan dimensi tampilan. Secara umum, tepi atas bingkai tertinggi harus sekitar dua meter dari lantai dan bagian terendah setinggi sekitar 15 cm di atas furnitur dengan pusat pengaturan karya seni ini berada sejajar dengan pandangan mata. Biarkan tepi pigura terluar lebih panjang tiga sampai 15 cm di luar furnitur.

Setiap dekorator harus memperhatikan ukuran pigura, jenis, dan jeda di antara pigura. Mereka sebaiknya menggabungkan pigura berbentuk persegi dan persegi panjang dengan ukuran yang tidak jauh berbeda. Hanya, ada satu pengecualian, dibutuhkan satu karya yang lebih besar sepertiga dari karya lainnya.

Karya tersebut bisa diletakkan di tengah-tengah atau di salah satu sisi. Untuk menambahkan dimensi, pilihlah beberapa jenis medium (cat air, foto, sketsa), skala (gambar close-up, lanskap), dan beberapa jenis pigura.

Semakin rekat Anda mengelompokkan karya seni, semakin besar dampak yang dimilikinya. Maka, berikan jeda hanya 5 cm hingga  8 cm antar pigura untuk hasil terbaik.

 

Mendekor ruang tamu dan keluarga

Dekorator Brad Ford menjelaskan beberapa "aturan" mengenai karpet, karya seni di atas sofa, meja kopi, bantal-bantal sofa, dan lampu. Dia mengatakan, jika karpet Anda hanya mampu menutupi lantai di bawah meja kopi, maka karpet tersebut terlalu kecil.

Cobalah mencari karpet yang mampu menutupi hampir 60 persen ruangan. Selain itu, jangan lupa bahwa furnitur akan berperan pada pemilihan karpet. Jika sofa Anda memiliki "rok" atau tergolong rendah tanpa "kaki" kursi, maka pastikan sofa tersebut berada di dalam karpet atau di luar karpet sama sekali. Sementara itu, untuk sofa dengan kaki kursi yang "jenjang", Anda bisa menempatkannya dua kaki kursi di dalam karpet dan dua kaki lainnya di luar karpet.

Mengenai karya seni di atas sofa, Ford mengatakan, seharusnya jangan memiliki lebar yang sama dengan sofa. Pilihlah lukisan, cetakan, atau foto berukuran dua pertiga lebar sofa Anda. Posisikan lukisan tersebut di titik pusat setinggi 150 cm dari lantai. Selain karya seni, ukuran meja kopi juga sebaiknya mengikuti ukuran sofa di ruang tamu Anda. Kuncinya adalah meja kopi dengan ukuran dua pertiga lebar sofa dan beberapa sentimeter lebih pendek dari dudukan sofa.

Untuk memilih bantal sofa, pilihlah tiga bantal dengan ukuran kira-kira 20 inchi2 atau 129 cm2. Taruh satu bantal di sisi kiri dan letakkan dua bantal di sisi lainnya. Dengan memberikan jumlah unik seperti ini, ruang tamu Anda tidak tampak "terlalu sempurna". 

Terakhir, pastikan lampu meja yang ada di sekitar sofa di ruang tamu memiliki tudung dengan tinggi sejajar dengan pandangan mata ketika Anda duduk di sofa tersebut. Cara ini membuat Anda tidak perlu memandang bohlam lampu "telanjang" tanpa penghalang.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/09/18/0845067/Satu.Trik.untuk.Seluruh.Ruang

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger