Jumat, 27 September 2013

Setelah "Kelamin Pria", Giliran "Koin Keberuntungan" Berdiri di China

GUANGZHOU, KOMPAS.com - Sebagai konsekuensi melesatnya pertumbuhan ekonomi China, semua hal yang tidak mungkin pasti terjadi dan dibangun. Termasuk proyek-proyek berskala akbar. Mulai dari stadion "Bird Nest" yang membuat publik berdecak kagum, hingga pencakar langit dengan desain arsitektural yang provokatif seperti gedung surat kabar milik pemerintah, People's Daily.

Betapa tidak provokatif, desain gedung People's Daily mirip alat kelamin pria. Walhasil, bangunan ini pun kemudian menjadi bahan olokan, cibiran dan bahkan tertawaan masyarakat dunia. Gedung People's Daily hanya satu dari sekian banyak properti dengan bentuk unik.

Gedung lain tak kalah unik adalah Guangzhou Yuan. Sesuai dengan nama resminya yang mengacu pada valuta Negara Panda ini, Guangzhou Yuan juga dijuluki Copper Coin Building.
Lokasinya berada di tepi Sungai Pearl, Guangzhou.

Konstruksinya sudah mencapai tahap akhir dan hanya beberapa minggu lagi akan resmi beroperasi. Coin Building menelan dana pembangunan sekitar 159 juta dollar AS (Rp 1,8 triliun). Kendati mendapat cemoohan dari masyarakat modern China di jejaring media sosial, namun pembangunan gedung ini berangkat dari filosofi tradisi budaya setempat. 

Bentuk koin dipilih karena mengasosiasikan keberuntungan dan nasib baik. Apalagi lokasinya di pinggir sungai yang menurut kepercayaan masyarakat Kanton, segala sesuatunya berakhir baik dan sejahtera.

Lepas dari filosofi dan keyakinan, Guangzhou Yuan memiliki ketinggian 138 meter dengan median berupa lubang di bagian tengahnya selebar 47 meter. Menurut Kepala Proyek, Wang Zhanshan, gedung ini akan menjadi tengara yang sulit dilupakan.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/09/27/1611249/Setelah.Kelamin.Pria.Giliran.Koin.Keberuntungan.Berdiri.di.China

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger