Jumat, 06 September 2013

Stok Rumah Murah Aman, Tinggal Tunggu "Aba-aba" Pemerintah....

JAKARTA, KOMPAS.com - DPD APERSI DKI Jakarta 5.000 unit apartemen bersubsidi untuk 2014 mendatang. Sementara untuk rumah sederhana sehat (RSH) sebanyak 20 ribu unit dengan harga di bawah Rp 95 juta.

"Sebarannya di Jabodetabek, mulai dari Karwang," kata Ari di Jakarta, Kamis (5/9/2013) malam tadi.

Ari mengatakan, tahun ini Apersi DPD DKI Jakarta sudah menyediakan pasokan apartemen bersubsidi sebanyak 2.000 unit. Pada semester pertama 2013, apartemen bersubsidi yang berada di kawasan Lenteng Agung, Pancoran, dan Cakung sudah terserap 1.000 unit.

"Sejauh ini sudah terserap setengahnya," ujar Ari.

Sebelumnya, Anton R Santoso, Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) versi Munas Sahid Jakarta di Jakarta, Kamis (5/9/2013).

Anton menyarankan, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) sebaiknya berhati-hati menaikkan harga rumah bersubsidi dengan skema KPR FLPP atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). Ia meminta, rencana kenaikan itu tidak dilakukan seketika, tetapi harus memperhatikan kondisi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebagai pasar rumah bersubsidi.

"Ini keputusan yang strategis, jadi perlu berhati-hati. Kalaupun harus dilakukan, jangan sampai rumah subsidi malah tidak terserap oleh MBR sebagai pasarnya lantaran tidak bisa bayar uang muka atau cicilannya," kata Anton seraya menambahkan kalau akhirnya jadi, kenaikan antara 8 persen sampai 10 persen masih bisa ditoleransi. Dengan catatan, dipikirkan insentif seperti subsidi uang muka.

Anton menambahkan, upaya kenaikan sebaiknya dibarengi dengan subsidi uang muka (down payment/DP). Atau, lanjut dia, uang muka tidak diperlukan lagi untuk KPR FLPP.

"Stok rumah bukan tidak ada, tapi teman-teman (pengembang) menunggu kepastian dari pemerintah soal kenaikan harga," ujarnya.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/09/06/1351129/Stok.Rumah.Murah.Aman.Tinggal.Tunggu.Aba.aba.Pemerintah.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger