Minggu, 08 September 2013

Untuk Kamar Anak, yang Penting Privasi dan Kenyamanan!

KOMPAS.com - Belajar dari pengalaman, sebenarnya kegiatan belajar dan mengerjakan tugas sekolah bisa dilakukan di berbagai ruang di rumah. Anak-anak bisa memanfaatkan meja makan, ruang tamu, atau kamar tidurnya sebagai tempat belajar. Namun, memberikan ruang khusus sebenarnya mampu meningkatkan konsentrasi sang anak ketika belajar atau mengerjakan tugas.

Tak perlu berukuran besar dan tampil mewah dengan modal besar. Anda cukup melengkapinya dengan beberapa hal untuk menambah kenyamanannya belajar. Simak berikut ini:

Lingkungan yang mendukung

Hal pertama sebaiknya Anda lakukan adalah menciptakan lingkungan ideal. Anda bisa membuat ruang belajar anak sesuai kepribadian dan seleranya. Libatkan mereka dalam proses desain agar mereka mampu memberikan masukan dalam hal desain atau ornamen.

Namun, Anda yang harus memastikan bahwa ruangan tersebut menerima cukup sinar matahari, memiliki sumber pencahayaan buatan ideal, memiliki ventilasi memadai, dan memiliki perlengkapan lengkap. Bila perlu, sediakan pendingin udara dan anti nyamuk elektronik untuk memastikan anak Anda dapat berkonsentrasi tanpa terganggu.

Alat tulis lengkap

Langkah kedua adalah menyediakan berbagai perabot untuk mendukung kegiatan belajar anak Anda. Pertama, sediakan meja dan kursi yang nyaman. Selain itu, jangan lupa menyediakan berbagai perabot lain, seperti rak buku, rak untuk menyimpan alat tulis, dan sofa untuk beristirahat sejenak. Bila semua perlengkapan ini sudah dipenuhi, kini tiba waktunya menyediakan alat tulis lengkap bagi ruang belajar anak Anda.

Jika Anda memiliki dua anak atau lebih, pastikan masing-masing anak memiliki perabotan dan alat tulisnya sendiri. Jangan sampai mereka harus selalu saling menunggu untuk menggunakan alat tulis yang mereka butuhkan.

Mengasah kreatifitas

Selain alat tulis, pastikan Anda juga menyediakan berbagai perlengkapan untuk mengasah daya kreatifitas, imajinasi, dan rasa keingintahuan anak Anda. Sediakan perengkapan seperti papan tulis, bulletin boards untuk mencatat jadwal anak, papan magnetik, berbagai alat gambar, serta buku-buku ensiklopedia.

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, tidak ada salahnya Anda menyediakan perangkat elektronik seperti komputer, tab, printer, dan televisi interaktif di ruang belajar anak Anda. Didik mereka agar mampu bertanggung jawab dan mampu menggunakan berbagai perangkat elektronik ini dengan bijak.

Berikan privasi

Ingatlah untuk memberikan mereka privasi. Tidak hanya dari Anda, namun juga dari saudaranya. Biarkan anak-anak Anda memiliki privasi ketika mengerjakan tugas, belajar, dan melakukan hobinya dengan memberikan meja tersendiri bagi setiap anak. Memberikan meja tersendiri mampu memudahkan Anda menyimpan dna menyuplai alat tuis bagi masing-masing anak Anda.

Meredam bising

Terakhir, pastikan anak Anda tidak terganggu dengan suara bising dari luar ruangannya. Anda bisa memberikan pelapis kedap suara di dinding ruangan tersebut, memberikan gorden tebal, atau mengisi ruangan dengan banyak bantal dan buku. Namun, untuk keamanan, pastikan anak Anda bisa berkomunikasi pada Anda dengan mudah. Sediakan interkom, atau akses yang tidak dapat dikunci.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/09/09/1113187/Untuk.Kamar.Anak.yang.Penting.Privasi.dan.Kenyamanan.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger