Senin, 14 Oktober 2013

Alibaba Punya Kantor Mewah Seluas Pusat Belanja

KOMPAS.com - Tidak hanya berfungsi praktis sebagai ruang untuk menampung ribuan pekerja, kantor pusat yang megah juga berperan dalam menampilkan citra perusahaan. Mungkin, itulah yang terjadi pada kantor pusat Alibaba. Perusahan penyedia layanan ritel online ini memiliki kantor pusat baru di Hangzhou, China. Kantor tersebut dibuat oleh firma arsitektur internasional asal Australia, HASSEL Studio.

Kompleks perkantoran Alibaba di Hangzhou memiliki luas bangunan 150.000 m2. Melebihi luas bangunan pusat belanja Grand Indonesia. Area seluas ini menampung berbagai ruang sesuai peruntukannya masing-masing. Di dalamnya terdapat ruang-ruang rapat, ruang bersantai dan menerima tamu, serta lorong-lorong sirkulasi, baik di dalam maupun luar ruangan. Selain itu, terdapat teras di atap yang dapat dimanfaatkan sebagai titik pertemuan strategis. Namun demikian, bukan hanya ukuran kolosalnya yang menarik perhatian. Melainkan aksen berupa "jaring-jaring" warna putih.

"Jaring-jaring" tesebut mengelilingi kompleks perkantoran ini dan membuatnya menjadi satu kesatuan yang apik. Kendati terdiri atas beberapa volume gedung, kantor megah ini dapat tampil sebagai satu orkestra yang kohesif. Selain itu, "jaring" ini pun menutupi plaza dan interval antar gedung yang digunakan sebagai area sirkulasi pengunjung dan karyawan.

Selain menjadi aksen penyatu, "jaring-jaring" yang tampak seperti balok-balok es tersebut ternyata merupakan adaptasi bebas dari corak vernakular China.

Membuat seluruh kompleks ini menjadi satu kesatuan ternyata memang tujuan utama HASSEL Studio. Idenya adalah konektivitas, kejelasan, dan komunitas. Manifestasi konsep-konsep tersebut ditujukkan untuk menciptakan lingkungan positif dan sehat. Interaksi, baik formal maupun informal, antara para karyawan sangat mendapat dorongan di tempat ini. Tujuannya, agar masing-masing pekerja bisa mendapat inspirasi segar.

Memang, tidak semua kompleks Alibaba memiliki "jaring" putih tersebut. HASSEL studio menempatkan beberapa penanda lain untuk "menyulam" seluruh bagian kantor ini. Taman, keberadaan pohon-pohon dan rumput hijau, serta jalan setapak di antara gedung, juga beberapa jendela berwarna-warna juga ikut "menyulam" kesatuan kompleks ini.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/10/14/1718015/Alibaba.Punya.Kantor.Mewah.Seluas.Pusat.Belanja

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger