Senin, 14 Oktober 2013

"Cermin Langit", Ketika Seni Rupa "Dijodohkan" dengan Sepak Bola

KOMPAS.com — Inilah cermin raksasa yang mampu dengan leluasa memantulkan langit! Salah satu patung cermin karya Anish Kapoor ini baru diresmikan Jumat (11/10/2013) lalu di stadion AT & T di Dallas, Amerika Serikat.

Berbentuk lingkaran berdiameter 35 kaki dari baja, cermin langit (Sky Mirror) ini mampu merefleksikan langit terbuka dan lalu lalang ratusan ribu penggemar sepak bola di stadion yang berdiri di depan cermin itu. Karya seni yang dibuat dengan investasi 10 juta dollar AS atau sekitar Rp 114 miliar ini bisa berdiri kokoh ditopang oleh dudukan dari granit hitam.

"Ketika datang tawaran tentang penggabungan seni rupa dengan stadion sepak bola, saya ingin mengatakan bahwa ini adalah ide asli," ujar Jerry Jones, pemilik klub sepak bola Dallas Cowboys.

Variasi estetika perkotaan dan seni kontemporer akan selalu hadir "sesuka hati" di cermin raksasa ini. Cermin yang mampu membawa langit dengan permukaan mulus dan tak terputus garis apa pun.

Dengan berat 23 ton, patung cermin dengan penopang baja ini akan memberikan pemandangan berubah-ubah setiap hari. Inilah yang disebut oleh Kapoor sebagai pemandangan "non-obyek" yang muncul pada cermin karya monumentalnya ini.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/10/14/1426115/.Cermin.Langit.Ketika.Seni.Rupa.Dijodohkan.dengan.Sepak.Bola

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger