Sabtu, 19 Oktober 2013

Kursi Kain Sari, Unik dan Bisa Dipasang Sendiri

KOMPAS.com - Konsep desain kursi, ottoman, dan bangku tinggi (stool) karya Meb Rure ini sebenarnya sederhana. Kuncinya adalah keinginan untuk mengurangi limbah berupa bahan-bahan yang sudah tidak terpakai. Konsep dasarnya adalah mendaur ulang kain sutra "sari" dan gulungan benang.

"Ketika pertama kali melihat gulungan pita sutra dan mendengar tentang kisah mereka, saya terpesona. Mereka bukan sampah, warna, teksturnya begitu hangat dan eksotis. Gulungan sutra ini adalah benda yang akan ingin Anda sentuh dan lihat di rumah," ujar Meb Rure.

Keseluruhan proses desain kursi-kursi unik yang terbuat dari "sari" Nepal dan kayu Oak Amerika ini memakan waktu hingga satu setengah tahun. Begitu banyak prototipe sudah dibuat dengan menggunakan berbagai kombinasi material.

Selain itu, percobaan ergonomis pun dilakukan hingga akhirnya Meb Rure mendapatkan desain final. Kain-kain "sari" diisi busa-busa agar penggunanya merasa nyaman. Selain itu, kain-kain "sari" pun dibagi menjadi bulatan-bulatan berukuran kecil.

Untuk meminimalisasi jejak karbon dari proses pengiriman, kursi ini memiliki keunikan lain di samping materi kain sari. Kursi-kursi tersebut dapat dibongkar-pasang dengan mudah. Bahkan bisa dibongkar-pasang hanya dengan satu tangan.

Meb Rure adalah desainer asal Istanbul. Dia lulus dari Departemen Desain Industrial Middle East Technical University. Sejak 2012 lalu, Rure memimpin Meb Rure Design Studio. Berbagai penghargaan sudah dia terima, antara lain Kompetisi IMMIB Industrial Design pada 2011 dan 2013, dan penghargaan dari Italian Domus Academi dalam kompetisi "Fill the Future" pada 2011.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/10/19/1709571/Kursi.Kain.Sari.Unik.dan.Bisa.Dipasang.Sendiri

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger