Kamis, 03 Oktober 2013

Mudahnya Merawat Lemari Es

KOMPAS.com - Membersihkan lemari es, terutama bagian freezer sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu mengetahui beberapa hal penting. Setelah mengetahui bagian-bagian tersebut, Anda tinggal membersihkan atau memastikan kualitasnya.

Berikut ini cara mudah merawat freezer.

Pertama, bersihkan interior freezer dua kali setiap tahunnya. Anda tidak perlu mematikan lemari es karena akan membuang energi. Keluarkan saja isi kulkas dan letakkan pada wadah yang mampu menyimpan udara dingin (cooler box). Setelah itu, lap dinding dalam freezer dan rak-rak lainnya dalam lemari es.

Menurut Manager Teknik Lemari Es Kenmore Varun Rajasekaran, seperti dikutip dalam Realsimple.com, sebaiknya Anda menggunakan campuran air dan sabun cuci piring untuk membersihkan bagian interior lemari es, termasuk freezer. Bilas dan keringkan. Untuk membersihkan bagian "segel" lemari es, gunakan kartu kredit yang sudah dilapisi kain bersih. Masukkan dalam air sabun dan gesekkan pada lipatan-lipatannya. Selain itu, hilangkan bau di dalam lemari es dengan menggunakan satu boks baking soda.

Kedua, jangan lupa memvakum kumparan kondensor setahun sekali. Cek bagian belakang lemari es Anda. Bila berdebu, segera bersihkan dengan penyedot debu. Untuk proses ini, sebaiknya Anda mematikan lemari es. Setelah prosesnya selesai, pastikan Anda memberikan jarak yang cukup antara kumparan kondensor dengan dinding atau benda-benda di sekitarnya.

Ketiga, pastikan isi lemari es dan freezer berada pada temperatur yang tepat. Khususnya untuk freezer, pastikan suhu di dalamnya 0 derajat Farenheit (atau -17.778 derajat Celcius).

Menurut juru bicara Association of Home Appliance Manufacturers Jill Notini, untuk mengetahui temperatur freezer, cobalah meninggalkan termometer dalam satu cangkir minyak sayur semalaman di dalamnya. Jika masih terlampau hangat meski temperaturnya sudah diturunkan, periksa jika Anda kebocoran. Menurut Rajasekaran, untuk efesiensi optimal, pastikan Anda selalu memenuhi isi freezer dan menjauhkan lemari es dari sinar matahari langsung, kompor, dan mesin pencuci piring.


http://properti.kompas.com/read/xml/2013/10/04/0619028/Mudahnya.Merawat.Lemari.Es

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Forum Indah Web Id Powered by Blogger